-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ibadah Qurban Memenuhi Perintah Allah dan Rasul

Sabtu, 02 September 2017 | 9/02/2017 03:06:00 PM WIB Last Updated 2017-09-03T08:06:25Z
Sumbawa Besar, Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa melaksanakan penyembelihan tiga (3) ekor sapi, yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu 2 September 2017 di Halaman MAN 1 Sumbawa , 02/09/2017.

Hari raya Idul Adha merupakan hari hari yang sangat berejarah bagi umat manusia, yakni penyembelihan hewan qurban, dua kegiatan inilah kemudian menjadi tuntunan kaum muslimin dan muslimat.


Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban,sekurang kurangnya ada dua dimensi yang dapat kita jadikan pelajaran,pertama dmensi ritual yaitu pelaksanaan qurban semata mata karena memenuhi perintah Allah dan rasulnya,seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihisalam,meskipun harus menyembelih putra kesayangannya Ismail Alaihisalam dan karena kepatuhannya Nabi Ibrahim itulah kemudian Allah langsung menggantikan sembelihannya dengan seekor kambing.

Disamping dimensi ritual keimanan,ibadah qurban juga memiliki dimensi sosial,karena daging qurban yang dibagikan sesuai ketentuan syariat,dapat mempererat silaturrahim,sekaligus menjadi perekat antar sikaya dan simiskin.

oleh karena itu berqurban hakekatnya adalah membina rasa persaudaraan,mengamalkan nilai nilai kepekaan dan kepedulian terhadap sesama.Untuk itu melalui momentum idul adha ini kita berharap dapat melakukan revolusi mental,menggugah kembali rasa solidaritas kita dengan senantiasa berempati terhadap saudara kita yang kurang beruntung.

secara ekonomi,sekaligus menanamkan kepedulian dan semangat silaturrahim antara sesama manusia, semua daging qurban dibagikan kepada siswa siswi yang kurang mampu dan warga sekitar Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa yang berhak menerimanya.

Panitia Qurban yang di SK kan pada tanggal 8 Agustus 2017 nomor : B-723/Ma.19.07/PP.00.6/08/2017 tentang panitia penyembelihan Hewan Qurban 1438 H/2017 dan hasil rapat dewan guru dan karyawan/karyawati MAN 1 Sumbawa pada tanggal 7 Agustus 2017.

sebagai penanggung jawab Drs.Fathurrahman (Kepala MAN 1 Sumbawa), sebagai ketua Ibrahim S.Pd,wakil ketua Muhammad Ridwan Sekretrais Zulkarnaen S.Pd, M.Satriawan S.Ag, Bendahara Rosika S.Pd ,Pengarah H.Abdul Latif S.Pd.M.Pd,Zulhidayat S.Pdserta bidang pengadaan hewan Sulaiman Syaifullah S.Pd,Penyembelihan Koordinator Drs.Ahsanul Kholiq,Pendistribusian Nurhasanah dan dewan guru,Konsumsi Yayat Fitriani SE.MM dan Perlengkapan H.Djoko Pitoyo,S.Sos ( Kepala Urusan Tata Usaha), dan panitia telah mengeluarkan kupon pengambilan daging qurban sebanyak : 182 lembar yang akan berhak menerima siswa siswi MAN 1 Sumbawa dan tetangga sekitar.

selamat bekerja panitia semangat  kerjasama dan semoga sukses dan lancar.___(joko).
×
Berita Terbaru Update