-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini Para Juara Takbiran Keliling Kota

Jumat, 01 September 2017 | 9/01/2017 06:46:00 PM WIB Last Updated 2017-09-01T11:46:03Z
Sumbawa Besar, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sumbawa menggelar lomba takbiran dalam menyambut datangnya Idul Adha 1438 H, dilaksanakan ba’da Isya kamis malam dengan star di Depan Wisma Daerah dan finish di Lapangan Kodim 1607 Sumbawa, kamis 31/08/2017.

Takbiran Keliling Kota Sumbawa di lepas oleh Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Wakil Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah didamping ,Setda ,para Asisten, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ,Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Camat Sumbawa .

Takbiran merujuk pada aktivitas pemeluk agama Islam yakni mengucapkan kalimat takbir (Allahu Akbar) secara bersama-sama.

Lebih spesifik lagi, aktivitas ini merujuk pada aktivitas perayaan mereka pada malam hari dalam menyambut datangnya hari raya Idul Adha.

Ada 65 regu pawai takbiran yang mengambil bagian dalam lomba Takbir keliling kota Sumbawa Besar, diikuti peserta dri Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama ( SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs) , Sekolah Menenagh Atas (SMA) SMK dan Madrasah Aliyah serta dari TPQ dan Masyarakat. Malam takbiran adalah malam dimana seluruh alam semesta akan terdengar “Allahu Akbar” karena seluruh pelosok bumi mengumandangkan takbir, sungguh malam yang sangat istimewa.

Dalam merayakan malam tersebut ada begitu banyak macam cara yang dilakukan mulai dari takbir keliling yaitu pawai mengililingi penjuru kota menggunakan kendaraan mobil yang dihiasi atau pun motor ,serta berjalan kaki sambil mengumandangkan takbir, takbir berjamaah disetiap masjid-masjid, dan sampai dengan membuat acara sederhana di rumah bersama keluarga tercinta.

Malam ini biasa juga ditandai dengan ramainya terdengar suara gemuruh berbagai jenis alat bunyi bunyian seperti bedug dan alat yang terbuat dari bambu dan lain-lain dalam rangka syiar agama Islam, dan membiasakan dn melatih diri kepada siswa siswi untuk selalu memeriahkan malam takbiran pada menjelang Idul fitri dan Idul Adha.

Malam ini juga akan sangat begitu ramai terutama di jalanan, ditambah lagi dengan arus mudik masyarakat yang membuat jalanan menjadi padat mulai dari kendaraan roda dua hingga roda empat.Semua peserta masing masing dari sekolah,Madrasah,maupun masyarakat telah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini jauh jauh sebelum acara ini dimulai, sudah siap karena semua masyarakat tana samawa ini merupakan kegiatan yang rutin 2 kali dalam satutahun dilaksanakan lomba takbiran.

Semoga malam takbiran tahun ini lebih indah dibandingkan dengan tahun yang lalu , dan pengumuman lomba takbiran telah diumumkan pada saat pelaksanaan sholat Idul Adha di Lapangan Pahlawan tadi pagi dan yang memperoleh juara I Tingkat Sedolah Dasar/Madrasah Ibtiaiyah sebagai berikut :

Tingkat SD/MI, Juara I SDN 11 Sumbawa Besar, juara II SDN Brang Biji Sumbawa Besar,Juara III SDN 6 Sumbawa Besar,Juara IV SDN 2 Sumbawa Besar,Juara V SDN 16 Sumbawa Besar dan juara VI Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif Sumbawa Besar,Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMP Juara I Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN 1) Sumbawa, juara II SMPN 1 Sumbawa, Juara III SMPN 2 Sumbawa,juara IV SMPN 3 Sumbawa,juara V SMPN 1 Unter Iwes dan juara VI SMP IT,Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) juara I SMAN 1 Sumbawa Besar, juara II SMAN 2 Sumbawa Besar, juara III Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa, juara IV SMKN 3 Sumbawa dan juara VI SMA Muhammadiyah Sumbawa Besar.___(joko).
×
Berita Terbaru Update