-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MANFAAT MEMAHAMI BACAAN SHOLAT

Minggu, 03 September 2017 | 9/03/2017 03:37:00 PM WIB Last Updated 2017-09-03T08:37:05Z
Umat Muslim diwajibkan sholat di waktu waktu tertentu agar hidupnya tenteram, damai, sejahtera, bahagia dan penuh kenikmatan.

Orang beriman yang paling beruntung adalah yang khusyuk dalam sholatnya, yang menjauhkan diri dari yang tiada berguna, yang menunaikan zakat, dan yang menjaga kemaluannya.

sumber Google Play
Semua orang mukmin melaksanakan sholat tetapi tidak semua orang bisa khusyuk dalam sholatnya. Khusyuk berarti berniat mengerjakan sholat untuk menghadap Allah, berikrar menjadi hamba Allah, memohon dituntun ke jalan yang benar dan penuh kenikmatan, memahami bacaan sholat, dan berdoa untuk kehidupan yang bahagia.

Dampak dari sholat khusyuk membuat kita istiqomah dalam kebenaran dan kebaikan, banyak berbuat kebaikan kepada semua orang dan menjaga kehormatan kemanusiaan.

Oleh karena itu setiap orang yang sholat harus mengucapkan bacaan sholat dengan jelas (tartil) serta memahami arti dan makna bacaan sholat. Dengan demikian ucapan bacaan sholatnya akan merasuki seluruh jiwa dan raganya.

Dengan mengucapkan bacaan sholat dengan penuh kesadaran dan paham artinya (tidak sekadar hafalan), maka akalnya sadar ketika menggerakkan mulut, lidah, kerongkongan dan saluran pernapasan.

Posisi tubuh yang tegak berdiri dengan wajah menunduk memandang tempat sujud menambah fokus bacaan sholat. Telinga pun hanya mendengar bacaan sholat. Dengan semua indera dan tubuh fokus pada bacaan yang dikendalikan oleh akal yang sadar dan memahami arti dan makna bacaan, maka bacaan sholat itu meresap ke dalam qalbu (hati nurani).

Qalbu yang terus menerus disirami bacaan sholat dan meresapi maknanya akan makin yakin serta memperkuat keimanan.

Keyakinan dan keimanan yang terekam dalam Qalbu (menjadi 'soft ware') ini akan menjadi prinsip hidup yang membentuk karakter kepribadian  dan kebiasaan.

Keimanan ini secara otomatis mengendalikan akal dan hawa nafsu untuk tetap dalam kebenaran dan kebaikan.

Maka tidaklah mengherankan bila orang beriman yang khusyuk dalam sholatnya selalu dalam keberuntungan. Semoga kita bisa membaiki kualitas sholat kita agar bisa khusyuk. Aamiin

Oleh dr. H Minanurrahman
×
Berita Terbaru Update