-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kapal Pembangkit Listrik Canangan Jokowi Batal Ditempatkan di Lombok

Kamis, 26 Oktober 2017 | 10/26/2017 07:53:00 PM WIB Last Updated 2017-10-26T12:53:25Z
Kapal “Karpowership” atau kapal pembangkit listrik “Gokhan Bey” dari Turki batal tempatkan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, karena kapasitas daya terpasang di daerah itu sudah melebihi kebutuhan.
kapal pembangkit listrik
“Karena daya listrik tersedia di Pulau Lombok sudah berlebih, maka kapal digeser ke tempat lain. Informasinya ke Kalimantan,” kata Hubungan Masyarakat (Humas) PT PLN Wilayah NTB Rachmawan Primadya, di Mataram, Selasa (24/10).
Karpowership adalah kapal apung pembangkit listrik sewa antara PLN dan keluarga Karadeniz, sebagai bagian dari program 35 ribu mega watt (MW) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, hingga 2019.
PLN Wilayah NTB merencanakan penempatan kapal pembangkit listrik dari Turki itu di perairan laut dekat dengan kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang, Desa Kebon Ayu, Kabupaten Lombok Barat.
Namun, kata Primadya, kapasitas daya terpasang di sistem kelistrikan Lombok saat ini mencapai 294 MW, sedangkan beban puncak pada malam hari mencapai 225 MW, sehingga ada kelebihan daya listrik yang dihasilkan sebesar 69 MW.
Menurut dia, jika kapal pembangkit listrik dari Turki berkapasitas 60 MW, ditempatkan di Pulau Lombok, maka kelebihan daya tak terpakai akan semakin besar.
“Kelebihan daya terpasang relatif besar, tapi belum dibutuhkan. Di satu sisi, biaya operasional tetap keluar,” ujarnya.
Pada 2019, kata dia, sistem kelistrikan Lombok akan mendapat tambahan daya 150 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Lombok Peaker yang dibangun di Kota Mataram.
Proyek pembangunan PLTMG yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Karang itu sudah dimulai dengan menelan dana investasi sebesar Rp1,6 triliun.
Menurut Prima, dengan tambahan daya sebesar 150 MW pada tahun 2019, nantinya sistem kelistrikan Lombok akan semakin kuat untuk memenuhi permintaan masyarakat dan dunia industri yang terus meningkat setiap tahun.
“Sistem kelistrikan di Pulau Lombok, terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan mengikuti perkembangan investasi yang semakin menggeliat. Termasuk di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,” katanya. (ant) Sumber : kicknews.today
Komentar Dinonaktifkanpada Kapal Pembangkit Listrik Canangan Jokowi Batal Ditempatkan di Lombok
×
Berita Terbaru Update