-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

ADAKAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA, SDN SELA LIBATKAN TIM KRONIK SUMBAWA

Senin, 29 April 2019 | 4/29/2019 04:59:00 PM WIB Last Updated 2019-04-29T09:59:15Z
Liputan NTB - Setelah surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  yang ditujukan kepada seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia, agar melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah, kegiatan ini sebagai bentuk peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2019.

Foto Doc. Liputan NTB - Ming
SDN Sela Kecamatan Moyo Hulu melaksanakan kegiatan tersebut dengan melibatkan sutradara film Joki Kecil Pemilik Studio Kronik Sumbawa. Diawali dengan pengarahan dari Sutradara keren Mas Anton, tentang skenario simulasi evakuasi beserta langkah langkah yang akan dilakukan oleh para siswa dan guru, selanjutnya dilakukan proses simulasi secara bertahap.

Semua warga sekolah terlibat secara aktif dalam simulasi tersebut bahkan masyarakat sekitar ikut menyaksikan selama simulasi berjalan. Mengambil lokasi mulai dari proses pembelajaran berlangsung, selanjutnya kondisi darurat gempa dan proses penyelamatan yang dilakukan baik oleh guru maupun oleh siswa.


Inisiator Simulasi Niki Ite Adekayanti,S.Pd CPNS tahun 2019 menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut telah terlebih dahulu disampaikan kepada kepala sekolah dan semua guru yang ada di sekolah tersebut. Hal yang paling dirasakan sebagai hal yang luar biasa adalah antusiame dan ketekunan siswa SDN Sela dalam mengikuti kegiatan, dan bahkan tidak merasakan capek sama sekali.

Kepada Crew Kronik Sumbawa Bu Niki sapaan akrabnya, menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga atas dukungan dan partisipasi untuk proses dokumentasi kegiatan ini ucapnya. “Mudah-mudahan dokumentasi ini bermanfaat untuk kepentingan sekolah ke depan dan pihak pihak lain yang membutuhkan”, tambahnya.

Sementara itu kepala SDN Sela Kecamatan Moyohulu Mustafa, S.Pd menyatakan bahwa simulasi ini adalah  tindaklanjut surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4411/D HM/2019 tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah, yang diteruskan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sumbawa kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Sebagai wujudnya SDN Sela merasa perlu untuk melaksanakan simulasi bukan saja sebagai bentuk kesiapsiagaan semata, akan tetapi juga simulasi ini adalah edukasi kepada seluruh warga sekolah agar memiliki pengetahuan terutama menghadapi ancaman bencana yang terjadi. Kepada Semua pihak yang telah terlibat ungkapnya, disampaikan terima kasih atas dukungan sehinggan dapat berjalannya kegiatan ini sebagaimana yang telah direncanakan imbuh kasek low frofil ini.

Reporter : Ming
×
Berita Terbaru Update