Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Pembelian Gabah Oleh Bulog Sumbawa Besar, baru mencapai 20%

Liputan NTB - Pembelian hasil pertanian Gabah oleh perusahaan milk BUMN Bulog sampai dengan hari ini (25/4/2019) di Kabupaten Sumbawa baru mencapai (20%) dua puluh porsen, dari target pembelian tahun ini sebanyak 43.800 ton, artinya pembelian baru mencapai kurang lebih 9000 ton.

sumber foto berempat. Com 
Heri Sulistiyo kepala kantor Bulog Sumbawa ditemui Wartawan media ini mengatakan bahwa, sejak awal april hingga tiga minggu ini baru ada peningkatan panen petani,  terutama wilayah Sumbawa bagian timur, mulai kecamatan lape hingga kecamatan terano, sehingga pembelian terhadap hasil panen para petani pun juga mulai meningkat.

Pembelian kami lakukan melalui mekanisme kerjasama dengan pemasok yang sudah menjadi mitra dengan kami bulog,"terangnya.

Untuk jumlah mitra bulog yang saat ini sedang melakukan transaksi pembelian ada 15 mitra dari 20 mitra yang ada.

Sementara untuk harga pembelian para mitra dilapangan, "kami mengacu pada instruksi presiden inpres Nomor 5 Tahun 2015 dan ditambah 10% fleksibilitas harga sebesar 5.115 rupiah per kilo gram, itupun kami terima digudang kami bulog.

Heri Sulistiyo Kepala Kantor Bulog Sumbawa Besar 
Lebih lanjut, untuk memenuhi target pembelian gabah, kami melakukan pembelian sampai dengan bulan desember akan datang. Karna target kami upayakan untuk bisa tercapai, sebab Jika dibandingkan dengan target tahun 2018 lalu hanya berselisih sedikit yakni target 40.000 ton kami hanya mampu mencapai pembelian sebesar 37.000 ton. Itupun kami melihat kondisi hasil dari panen para petani. jelasnya.

Kami berharap agar petani dapat bermitra dengan jaringan kami yang ada dilapangan, sehingga petani dapat menjual hasilnya langsung kepada mitra kami, dan tidak menjualnya ke tengkulak atau pedagang perantara, sehingga harga yang didapatkan oleh petani, sesuai dengan apa yang diamanatkan pemerintah melalui inpres itu.

Reporter : Joni irawan
Publish 25 april 2019 Jam 19:11wita

Berbagi

Posting Komentar