Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Juni Ini, KPU Mulai Rancang PKPU Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada bulan Juni 2019 ini sudah mulai merancang Peraturan KPU (PKPU) terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
sumber foto net 
Persiapan ini dilakukan walaupun sedang menghadapi 338 peserta Pemilu 2019 yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

‘’Kami merencakan membuat PKPU tentang tahapannya bulan Juni ini. PKPU tahapan itu bisa digunakan oleh para pihak untuk mempersiapkan dirinya,’’ kata Ketua KPU RI, Arief Budiman, di kantornya, Jakarta, Senin (10/6).

KPU menargetkan PKPU rampung sebelum gelaran Pilkada Serentak 2020 bergulir pada September 2019 mendatang. Aturan itu bisa digunakan pemerintah daerah mempersiapkan penyusunan anggaran dan digunakan peserta pemilu untuk proses pencalonan dirinya.

‘’Jadi, ini akan kita buat pertama di bulan Juni PKPU tahapannya, kemudian bulan September nanti rencananya kita akan launching 1 tahun menjelang pilkada, karena pilkadanya akan diselenggarakan di bulan September 2020. Di bulan September (2019) itu sudah mulai action, sudah mulai melaksanakan tahapan,’’ ujarnya.

Selanjutnya, KPU memprediksi akan ada penambahan jumlah daerah yang ikut dalam Pilkada Serentak 2020. Pada 2015, tercatat ada 269 daerah yang ikut.

Namun, saat ini ada Makassar dan tiga daerah pemekaran yang masuk ikut pilkada serentak. Arief mengatakan, jika tiga daerah pemekaran itu memenuhi syarat untuk ikut di 2020, berarti terdapat 273 daerah yang ikut dalam Pilkada 2020. ‘’Tapi kalau tidak, berarti hanya 270 daerah,’’ ucapnya.(Sid/EPJ/INI Network)

www.liputanntb.id -Joni irawan
Sumber : Mataraminside.com

Berbagi

Posting Komentar