-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini Tujuan Perpani Gelar Kejuaraan Panah di Sumbawa / Reporter : Joni Irawan

Sabtu, 06 Juli 2019 | 7/06/2019 03:52:00 PM WIB Last Updated 2019-07-06T09:39:34Z
Liputanntb – Lebih dari seratus orang peserta kejuaraan memanah, yang ikut ambil bagian sebagai peserta di Kejuaraan Panah Kapolres Archery Cup.

Foto Joni
Kejuaraan yang digelar dihalaman depan Kantor Bupati Sumbawa (6 Juli 2019), diikuti oleh peserta dari tiga kabupaten, yakni Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat dan Kabupaten Lombok.

Berdasarkan pantauan, Kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke – 73 ini, cukup menarik perhatian masyarakat penonton, terbukti masyarakat yang menonton sangat ramai mengelilingi pagar luar depan halaman kantor Bupati. “lomba memanah ini kan’ baru pertama kali di Sumbawa Pak, jadi biar panas matahari, kami tetap berdiri nonton,’’ujar Iman salah seorang penoton’’. Yang sempat dikonfirmasi awak media liputanntb.

H.M. Jarnawi, ketua PERPANI Kab. Sumbawa
Ketua Persatuan Pemanah Indonesia (PERPANI) Cabang Kabupaten Sumbawa H.M. Jarnawi, mengungkapkan, “kami ikut ambil bagian pada kejuaraan panah kali ini, “karna bagi kami olah raga panah ini adalah sunnah, jadi tak ada tujuan lain, hanya bertujuan untuk menghidupkan sunnah,”kata jarnawi.

Sementara untuk Perpani ada tiga hal yang ingin dicapai dalam kejuaraan ini, yang pertama (1) mensiarkan olah raga panah kepada masyarakat, kedua(2) mencari bibit atlet baru, yang pada akhirnya nanti dapat mengambil serta peran dalam mengahraumkan nama daerah kabupaten Sumbawa, kemudian yang ketiga(3) dalam kejuaraan ini sekaligus bisa memperkenalkan dan mempromosikan wisata Sumbawa melalui ajang atau event kejuaraan panah seperti ini.”jelas Jarnawi.

Disisi lain “kegiatan olah raga panah yang baru pertama kali diadakan di Sumbawa ini, merupakan ide dari Kapolres Sumbawa.”  

Kembali Jarnawi menjelaskan, para peserta yang ikut dalam kejuaraan ini dipisahkan dalam empat kelas. Kelas anak anak, yakni mulai usia kelas 1 sampai dengan kelas 3 SD papan panah berjarak 15 meter, kelas 4 sampai dengan 6 SD berjarak 18 meter, begitu juga SMP.

Kemudian untuk kelas dewasa, ada kelas Kompon dengan papan panah berjarak 50 meter, selanjutnya kelas Hospo, kelas ini dibagi dua untuk kelas pria berjarak 20 meter dan wanita 18 meter,sementara yang terakhir kelas Perpu, untuk pria jarak 20 meter dan putri 18 meter.

Supaya para Atlet atau peserta semangat dalam mengikuti perlombaan, panitia juga menyiapkan hadiah yang sangat menarik.’ Kata Jarnawi sambil menunjuk tenda panitia, tempat tropi dan hadiah disiapkan.

Sembari Jarnawi berharap. “Akan sangat tertarik bila mengikuti kegiatan dan kejuaraan memanah, karna olah raga ini sangat banyak manfaat, pertama melatih konsentrasi seseorang dalam berfikir, karna memanah focus kepada satu tujuan, kemudian saat membidik secara bersamaan badan bergerak, dan melatih juga ketepatan dan kecepatan, ini sangat baik bagi generasi generasi akan datang yang akan menjadi pemimpin, terutama pemimpin Sumbawa.
×
Berita Terbaru Update