-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Siswa SDN 1 Alas Harumkan Nama Sumbawa dan NTB

Sabtu, 06 Juli 2019 | 7/06/2019 03:53:00 PM WIB Last Updated 2019-07-06T08:53:19Z
liputanntb – kembali Kabupaten Sumbawa Provinsi Tenggara Barat (NTB) mengukir prestasi membanggakan ditingkat Nasional.

Menempati urutan ke tiga Nasional dengan meraih medali perunggu, Muhammad Fadhlurrahman telah mengharumkan nama Nusa Tenggara Barat khususnya Kabupaten Sumbawa.

Foto sumber akun facebook Muhammad Fadhlurrahman 
Melalui kejuaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 di Jogjakarta, mengantarkan siswa SDN 1 Alas Kecamatan Alas ini, menetapkan dirinya sebagai juara ketiga Nasional dan Sumbawa mencatat sejarah ketiga kalinya meraih perunggu. Setelah dua tahun sebelumnya meraih perunggu OSN IPA 2012 dan Matematika 2015.

Olimpiade yang diikuti Fadhlurrahman mulai 30 Juni hingga 6 Juli hari ini, telah membuktikan bahwa siswa SD Kabupaten Sumbawa NTB, mampu bersaing dengan siswa siswa lain dari seluruh penjuru Indonesia.

"Tidak mudah meraih predikat Juara Nasional, melainkan dengan usaha dan kerja keras Fadhlurrahman, balajar dan belajar terus yang dibantu oleh para guru disekolah dan orang tua dirumah.

berikut dilansir dari akun facebook milik Junaidi, S.Pd.,M.Pd. Kabid Pembinaan SD, tetang apresiasi dan terimakasih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa.

KEMBALI SISWA SD SUMBAWA RAIH PERUNGGU DI OSN TINGKAT NASIONAL, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa memberikan apresiasi kepada Muhammad Fadhlurrahman siswa SDN 1 Alas Kecamatan Alas yang telah berhasil meraih medali perunggu mata pelajaran matematika Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yg dilaksanakan di Jokjakarta 30 Juni sd 6 Juli 2019.

Sahril, S.Pd.,M.Pd 
Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa Sahril, S.Pd.,MPd menyampaikan bahwa prestasi ini membuktikan anak anak SD Kabupaten Sumbawa mampu sejajar dengan siswa lainnya di Indonesia.

Hal ini menunjukkan seluruh sistem yang ada telah berjalan secara efektif mulai dari sekolah hingga tata kelola di tingkat Dinas Dikbud. Prestasi seperti ini dapat terjadi manakala sekolah mampu untuk menggerakkan seluruh sumber daya yg ada, terutama para guru dan dukungan masyarakat terutama orang tua.

Prestasi seperti ini tidak akan datang dengan mudah, tetapi butuh sistem yg baik di sekolah, leadership yg efektif, konsistensi pembinaan dari guru pembina dan juga peran peran yang dilakukan oleh masyarakat khususnya orang tua siswa. Untuk itu, hendaknya ini dijadikan best practice bagi sekolah lainnya jika ingin mengukir prestasi di level Nasional.

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru dalam mempersiapkan kompetisi seperti ini adalah deteksi dini potensi siswa sejak kelas rendah sehingga dapat dilakukan pembinaan berkelanjutan. Hal penting lainnya yang ikut mendukung capaian prestasi seperti ini adalah keperpihakan anggaran sekolah yang pro mutu dan punya target kinerja anggaran sekolah yang jelas.

Kepada siswa yang telah mengharumkan nama NTB khususnya Kabupaten Sumbawa, Kadis Dikbud menyatakan penghargaan dan apresiasi, seraya berharap agar perolehan ini dapat dijadikan motivasi bagi anak anak lainnya di masa yang akan datang.

Kepada guru pembina juga disampaikan apresiasi atas kerja kerasnya, mampu menempatkan siswa binaan meraih prestasi bergengsi di tingkat nasional.

Khusus kepada orang tua, tentunya prestasi ini adalah buah dari bimbingan dan perhatian serius dalam mendidik anak di rumah, dan juga memberi support dan doa untuk keberhasilan ini.

Junaidi, S.Pd. , M.Pd Kabid Pembinaan SD
Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kab. Sumbawa, Junaidi.,S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa Kabupaten Sumbawa telah 3 kali meraih medali perunggu tingkat nasional, OSN IPA tahun 2012, matematika tahun 2015. dan tahun ini kembali meraih perunggu mata pelajaran matematika. Raihan ini tentunya akan dijadikan pijakan untuk tahun akan datang, setidaknya dapat mempertahankan prestasi dan tidak menutup kemungkinan akan mencapai prestasi yang lebih baik di tahun tahun mendatang.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan evaluasi pola pembinaan OSN agar ditemukan pola efektif dalam pembinaan sesi eksperimen untuk IPA dan eksplorasi mata pelajaran matematika.

Sumbawa Besar, 6 Juli 2019 Kabid Pembinaan SD.


Reporter : Joni Irawan
×
Berita Terbaru Update