-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kampung Sehat, “Vitamin” untuk Cegah Covid-19

Senin, 07 September 2020 | 9/07/2020 09:14:00 PM WIB Last Updated 2020-09-07T14:14:07Z

www.liputanntb.id – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengibaratkan inovasi program Kampung Sehat yang diinisiasi oleh Polda NTB seperti ‘’vitamin’’ bagi masyarakat NTB, khususnya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bagaimana tidak, sejak program tersebut di-launching, antusiasme warga untuk menata kembali kampung dan lingkungannya menjadi sangat luar biasa.




Mulai dari menata kembali pengelolaan sampah, meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, hingga aktivitas dan gotong royong semua elemen masyarakat kembali menjadi harmonis. Lomba Kampung Sehat ini, berlangsung tiga bulan dengan peserta 1.136 desa dan kelurahan se-NTB.


‘’Untuk kita, Kampung Sehat adalah ‘’vitamin’’. Bagaimana mengatasi penyebaran pandemi Covid-19 di NTB,’’ ujar Wagub saat menghadiri kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Lomba Kampung Sehat yang digelar secara virtual di Polda NTB, Rabu, 2 September 2020.


Menurut Rohmi,  adanya program Kampung Sehat memberikan energi dan semangat baru bagi masyarakat NTB di tengah pandemi. Karena program Kampung Sehat bukan hanya mengajak masyarakat untuk hidup sehat tapi juga meningkatkan produktivitas masyarakat. Kampung Sehat sendiri merupakan akronim dari steril, ekonomi produktif, harmonis, asri, dan tangguh.


‘’Kalau program Kampung Sehat yang dilombakan di seluruh desa dan kelurahan se-NTB. Maka insya Allah masyarakat sehat dan produktif di tengah pandemi Covid-19 akan terus meningkat,’’ ujar Wagub.


Oleh karena itu, Rohmi berharap sinergi seluruh stakeholders pemerintah untuk terus mensosialisasikan program Kampung Sehat, agar ke depannya dapat mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Menurutnya, kampung sehat merupakan terobosan baru sekaligus menjadi yang pertama di seluruh Indonesia.


‘’Terima kasih kepada elemen tiga pilar (Pemda, Polisi dan TNI) yang sudah berjuang untuk kampung sehat juga bagi NTB yang aman dan produktif,’’ kata Rohmi.


Senada dengan Wagub, Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal mengungkapkan, jajaran TNI dan Polri terus melaksanakan sosialisasi masif tentang wajib masker sesuai dengan Pergub NTB No. 31 tahun 2020 menjelang tanggal 14 September untuk melaksanakan hukum dan sanksi bagi siapapun yang tidak pakai masker terus dilakukan.


‘’Untuk itu, kami meminta kepada jajaran Polres dan Kodim di seluruh wilayah NTB untuk lebih meningkatkan kegiatan sosialisasinya,’’ harap jenderal bintang dua ini.


Selain itu katanya, jajaran Polda, TNI dan Pol PP akan melakukan patroli masif di tempat-tempat keramaian agar masyarakat mematuhi segala protokol kesehatan yang ditetapkan. Begitu juga diharapakan maklumat bupati /walikota untuk menerapkan kegiatan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) kepada seluruh lapisan masyarakat.


sumber : suarantb

×
Berita Terbaru Update