-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MODERN DENGAN MENGGUNAKAN SWAY DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

Selasa, 27 Oktober 2020 | 10/27/2020 12:42:00 PM WIB Last Updated 2020-10-27T05:48:16Z

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MODERN DENGAN MENGGUNAKAN SWAY DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

OLEH: LELY JEFRIANI, PROGRAM STUDI : PGSD di UT


Mengingat pentingnya peranan media dalam proses pembelajaran maka guru harus menjadikannya sebagai bahan yang tak terpisahkan dalam keseluruhan proses pembelajaran di sekolah dasar. Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan kebermaknaan belajar di mana para siswa akan lebih tertarik, merasa senang, dan termotivasi untuk belajar serta menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang di pelajarinya.


OLEH: LELY JEFRIANI, PROGRAM STUDI : PGSD di UT


Mutu pendidikan dapat terwujud jika proses pembelajaran diselenggarakan secara efektif, artinya proses pembelajaran dapat berjalan secara lancar, terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tersebut, baik dari peserta didik itu sendiri maupun dari faktor-faktor lain seperti pendidik/guru, fasilitas, lingkungan serta media pembelajaran yang digunakan. Siswa yang aktif dan kreatif didukung fasilitas serta guru yang menguasai materi dan strategi penyampaian yang efektif akan semakin menambah kualitas pembelajaran. Namun demikian untuk mencapai hasil maksimal tersebut banyak faktor yang masih menjadi kendala. Salah satunya yang menjadi kendala adalah media pembelajaran.


Media pendidikan sebagai salah satu sarana meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pendidikan dapat membantu proses belajar siswa dalam poses belajar mengajar yang pada gilirannya dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Manfaat media pembelajaran sway ini diharapkan akan memotivasi siswa untuk belajar mandiri, kreatif, efektif dan efisien. Selain itu dengan media pembelajaran sway ini, diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa karena selama ini proses pembelajaran yang dilakukan oleh kebanyakan guru adalah metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi jenuh dan bosan sehingga menyebabkan motivasi siswa menurun.


Media pembelajaran modern yang dapat dihadirkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah media pembelajaran modern dengan menggunakan aplikasi Sway yang ada di aplikasi microsoft 365. Aplikasi sway ini berfungsi untuk membagi dan menampilkan konten yang menarik. Sway ini ini juga bisa dibilang aplikasi pengganti Power Point. Hal tersebut dikarenakan Sway memiliki fungsi untuk menampilkan konten dengan cara lebih modern. Pengguna juga tidak perlu memiliki pengetahuan programming.


Melansir Neowin, Rabu (1/10/2014), Microsoft mendeskripsikan Sway sebagai kanvas dan dibangun untuk kebutuhan web dan perangkat. Sway beradaptasi untuk sesuai dengan perangkat yang menggunakannya, besar atau kecil, sehingga konten yang dimunculkan selalu diperlakukan dengan baik.


Sway adalah sebuah aplikasi berbasis media penyimpanan awan. Pengguna tinggal menyimpan kontennya sehingga terhubung  dengan perangkat atau jaringan sosialnya.


Media pembelajaran sway ini dirancang dan dibuat sebagai sumber belajar bagi siswa maupun guru untuk membantu dalam proses mencapai tujuan pembelajaran.


Aplikasi ini memudahkan pengguna memasukkan konten dari seluruh aplikasi yang digunakan, seperti OneDrive atau Facebook lalu menciptakan presentasi kaya media dari konten tersebut. Microsoft menyebutkan akan menambahkan sumber konten lebih banyak lagi dan juga cara baru berinteraksi dengan konten tersebut.


Tujuan Sway adalah memberikan jalan pada pengguna biasa untuk menciptakan konten daring yang berfungsi di layar ukuran berapa saja. Pada akhirnya, halangan membangun halaman web untuk sebuah presentasi di layar mana pun bisa dihapuskan.

Sway ini sangat cocok untuk pebisnis, pelajar dan mahasiswa yang akan membuat laporan, resume, presentasi, serta guru untuk membuat materi pelajaran agar lebih menyenangkan. Sway berbasis web, sehingga ketika kita menggunakannya atau menampilkannya harus terhubung dengan internet secara online. keuntungannya, kita tidak perlu menginstal, tidak perlu takut data akan hilang karena laptop rusak karena datanya akan tersimpan pada server sway.com.


Adapun perbedaan dengan aplikasi power point adalah : 1) Sway Tersedia di Sway.com dan Windows 10. Artinya sway bisa diakses disembarang browser. Mozilla, Chrome, explorer, opera mini, dan sebagainya.2) Document Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, Power point tersimpan di Komputer local atau OneDrive 3) Power point hanya bisa mengambil data dari lokal (gambar ,film) sedangkan sway bisa mengambil sumber utama dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet dan komponen web lain yang berbasis isi frame.4) Tampilan Sway bersifat Responsive. Artinya tampilanya akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengakses. Jika diakses di Smartphone desainnya juga akan mengikuti smartphone. Ini sangat berbeda dengan Microsoft Power point.


Untuk itu belajar merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Setiap orang baik itu disadari maupun tidak, selalu melakukan aktifitas belajar. Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang/individu yang bertujuan untuk merubah dirinya menjadi lebih baik dengan meningkatkan pengetahuan melalui alat indra dan pengalamannya. Belajar sangat penting bagi setiap orang karena belajar merupakan sebuah proses beradaptasi, dari belajar orang akan bisa berinteraksi atau berhubungan dengan lingkungannya. 


Proses pembelajaran diadakan tentunya mempunyai suatu tujuan, yang secara umum yaitu agar kegiatan pembelajaran tidak melenceng dari kurikulum. Sebagaimana Dick dan Carey (dalam Hamzah B, dkk 2008:141), menjelaskan bahwa tujuan pembelajaran adalah untuk menentukan apa yang dapat dilakukan oleh anak didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat membantu dalam mendesain proses pembelajaran, karena dengan adanya tujuan yang jelas dapat membantu guru dalam menentukan materi, metode, alat, media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Dengan adanya tujuan pembelajaran kegiatan mengajar guru akan terstruktur dan jelas, sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. 


Siswa Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan terhadap kualitas hasil belajar. Untuk mengetahui keberhasilan kualitas hasil belajar siswa maka perlu adanya evaluasi, yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa.


Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari aktifitas belajar, karena aktifitas belajar merupakan proses sedangkan prestasi merupakan hasil dari kegiatan belajar. Tohirin (2006:151), yang mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Pencapaian prestasi belajar atau hasil belajar siswa, merujuk kepada aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan, karena merupakan satu kesatuan. 


Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai pihak, sehingga keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti yang telah dijelaskan diatas. Faktor-faktor tersebut dapat menjadi penghambat bahkan mempengaruhi kegiatan mengajar baik itu guru maupun siswa. Salah satu faktor seperti yang telah dipaparkan diatas yaitu faktor alat/media yang digunakan. 


Alat yang digunakan oleh guru dalam mengajar atau yang biasa disebut dengan media pembelajaran merupakan suatu usaha untuk mempertinggi mutu pembelajaran agar siswa dapat mudah memahami apa yang diajarkan. Dengan adanya media pembelajaran akan memperlancar komunikasi antara guru dan siswa, karena tanpa komunikasi yang baik proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan efektif. media pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu alat bantu yang digunakan pada proses pembelajaran. Dengan adanya media dimaksudkan dapat mempermudah dalam menyampaikan materi ajar dari guru kepada penerima (siswa), sehingga dapat mempertinggi efektifitas dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. 


Manfaat media pembelajaran dalam proses pembelajaran secara umum yaitu bahwa dengan digunakannya media pembelajaran siswa dapat mudah menangkap pengetahuan yang disampaikan oleh guru sehingga siswa akan merasa nyaman, guru akan semakin mudah dalam menyampaikan pengetahuan, adanya pemanfaatan waktu yang efektif, serta terciptanya tujuan pembelajaran. 


KESIMPULAN

Dengan demikian pemanfaatan media pembelajaran sway sebagai media pendidikan sangat dibutuhkan. Dimana media pembelajaran sway dibuat agar siswa dapat terangsang dalam belajar menurut tingkat kecepatan penguasaan masing-masing karena siswa sebagai user. Aplikasi sway ini mampu menampilkan gambar-gambar, video, teks yang dapat dianimasikan, serta dapat menambah motivasi siswa untuk belajar karena sway ini  dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara dinamis, interaktif dan perorangan. Dengan adanya media pembelajaran dalam proses pembelajaran pekerjaan guru menjadi lebih ringan dan guru dapat memantau tingkat perkembangan prestasi siswa.


Sarannya guru harus kreatif dan berinovasi dalam membuat atau mengolah media pembelajaran apalagi sekarang sudah mulai masuk era digital 4.0, jadi teknologi sudah semakin canggih.


(Artikel diatas dipublikasikan untuk memenuhi tugas Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas)

×
Berita Terbaru Update