Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

4 Tahun LiputanNTB.id JENDELA INFORMASI TERDEPAN, MENUJU SUMBAWA GEMIILANG

4 Tahun LiputanNTB.id JENDELA INFORMASI TERDEPAN, MENUJU SUMBAWA GEMIILANG


Oleh : Didin Maninggara (konsultan Media)


Media publik atau media pers telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan, dari pusat hingga daerah provinsi dan kabupaten maupun kota. 



Seiring dengan itu, media pers, terutama media online telah berkembang menjadi bidang profesi dan usaha (bisnis) yang makin penting, karena fungsi dan perannya yang signifikan dalam era globalisasi yang membawa serta perubahan multi dimensional.


Kini, semua kabupaten/ kota di Indonesia telah memiliki media cetak dan online yang terbit di masing-masing daerah dengan penyebaran sirkulasinya menjangkau daerah lain, bahkan skala nasional. Namun sudah banyak pula yang gulung tikar. Penyebab utamanya, tidak dikelola dengan manajemen profesional, baik di bidang usaha atau pemasaran maupun di bidang redaksional atau pemberitaan.


Didin Maninggara ( Konsultan Media )


Di tengah perkembangan  media yang sangat kompetitif seperti itu, LiputanNTB.id hadir eksis menyapa publik pembaca di seputar Tana' Samawa dan Provinsi NTB.


Berita yang tersaji di LiputanNTB.id bolehlah disebut diangkat dari realitas sosial melalui proses ramuan kebijakan redaksional dengan selalu mengedepankan prinsip kemerdekaan pers yang bertanggung jawab dan mematuhi kode etik wartawan sebagai landasan moral menjalankan tugas jurnalis.


Bertitik tolak dari prinsip kemerdekaan pers tersebut, hari ini LiputanNTB.id memasuki usia 4 tahun menyapa publik, tetap bertekad menyajikan informasi terdepan, akurat, dan dapat dipercaya. Sebab, dapur redaksi mengelola sebuah informasi dengan kebijakan redaksional yang mendorong wartawannya bekerja secara profesional. 


Karena itu, kebijakan baru dapur redaksi terus memberi apresiasi kepada para wartawan media online ini memaknai informasi/ berita yang diliput sesuai kaidah jurnalisme adalah kegiatan meramu realitas sosial untuk diwujudkan menjadi berita. 


Untuk itu, saya sebagai Konsultan Media LiputanNTB.id merumuskan kebijakan redaksional media online ini dengan mengedepankan jurnalisme yang "informatif, akomodatif, berimbang, obyektif dan adil".


#Informatif mengandung arti berita, ulasan dan opini yang disajikan dengan mendalam dan tajam.


#Akomodatif tidak memberitakan suatu berita , ulasan dan opini yang memancing dan menyulut konflik, apalagi adu domba.


#Berimbang berarti semua orang atau pihak yang berkepentingan atau terkait dengan suatu pemberitaan, ulasan dan opini diberi kesempatan yang sama untuk menanggapi, mengomentari. Untuk ini, wartawan perlu konfirmasi sebelum berita ditayang.


#Obyektif berarti berita, ulasan dan opini yang disajikan berdasarkan fakta, data ataupun didapat dari narasumber kompeten dan dapat dipercaya. Di sini, perlu kedepankan pertimbangan hati nurani.


#Adil berarti peka terhadap harkat manusia.


Format Penulisan

__________________


Dalam upaya menjawab persaingan yang super kompetitif di dunia jurnalis, maka format penulisan LiputanNTB.id harus memenuhi prinsip jurnalisme modern. 


Pertama, gaya penulisan harus dialogis melalui penulisan tanya jawab dengan sumber pemberitaan untuk menggali lebih dalam dan tajam mengenai topik-topik tertentu yang dapat memberi nilai berita tinggi atau berkelas.


Kedua, gaya penulisan feature atau penulisan bertutur yang kreatif sehingga enak dibaca dan pembaca penasaran.


Pilihan gaya penulisan tersebut dimaksudkan untuk menempatkan publik pembaca seakan berada dalam situasi yang dituturkan, sehingga merangsang minat baca ingin membaca terus menerus LiputanNTB.id.


Mengelola suatu media online, seperti halnya media pers yang lain, memerlukan proses dan penghayatan yang terus menerus sampai akhirnya menemukan bentuknya yang pas. Ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan jurnalistik seorang jurnalis.***

Berbagi

Posting Komentar