-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Vaksin Covid-19 Tiba di Sumbawa

Jumat, 29 Januari 2021 | 1/29/2021 11:40:00 AM WIB Last Updated 2021-01-29T04:40:33Z

LIPUTAN NTB, SUMBAWA- 6400 vial Vaksin Covid-19 Sinovac akhirnya tiba di Kabupaten Sumbawa dengan pengawalan ketat, Kamis (28/1). Ribuan Vial vaksin tersebut langsung disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa.


Ribuan Vial Vaksin Covid-19 saat tiba di Dikes Sumbawa Kamis (28/1


“Kita sudah menerima Vaksin dari Provinsi NTB. Alhamdulillah sudah dikita simpan sebanyak 6.400 dosis. Penyimpanan di instalasi farmasi. Telah pastikan oleh kepala BPOM apakah memenuhi syarat atau tidak. Alhamdulillah kita sudah siap melakukan penyimpanan sesuai dengan ketentuan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Drs. Didi Darsani, A.Pt.

Vaksin tersebut akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Dimana, Tenaga Kesehatan (Nakes) menjadi sasaran pertama.


“Untuk tahap pertama untuk nakes yang tersebar di fasilitas kesehatan yang ada. Besok tanggal 2 Februari kita akan melakukan pencanangan yang melibatkan Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Pemuda, Perwakilan Perempuan. Walaupun pencanangan untuk 10 orang, ternyata yang mau ikut hampir mencapai 20 orang,” ungkapnya.


Untuk pendistribusian ke Fasilitas Kesehatan, direncanakan hari mulai hari Minggu (31/1).

“Distribusi ke puskesmas antara hari Minggu, Senin dan seterusnya. Karena pencanangannya nanti itu tanggal 2 bisa diikuti oleh nakes di seluruh faskes masing-masing,”Jelasnya.


Adapun jumlah vaksin yang akan didistribusikan tahap awal ke puskesmas yakni separuh dari jumlah yang diterima.


“Sasaran Nakes yang berhasil kita himpun 3.160 dosis dulu walaupun kita terima 6.400 karena akan diberikan 14 hari kemudian. Kita punya cukup dan masih ada kelebihan 80 dosis,” terangnya.


Pelaksanaan vaksinasi tahap awal diharapkan bisa tuntas bulan Februari. Kemudian tahap selanjutnya menyasar TNI, Polri, ASN yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat. Tahap ini diperkirakan tuntas Maret mendatang. Terakhir vaksinasi menyasar masyarakat umum. Sumber : radarsumbawa

×
Berita Terbaru Update