Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Nuzulul Quran 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Amalan dan Keutamaannya

Ilustrasi Al quran - Nuzulul Quran 2022 Jatuh Pada Tanggal?. (Pixabay)
LIPUTANNTB.ID - Nuzulul Quran menjadi peristiwa penting dalam sejarah Islam yang bertepatan pada bulan Ramadan. Lantas Nuzulul Quran 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Peristiwa Nuzulul Quran ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan. Kalau dalam kalender masehi tahun ini, Nuzulul Quran 2022 jatuh pada tanggal berapa?

Jika dihitung berdasarkan awal bulan Ramadan 1443 Hijriah atau yang bertepatan pada Minggu, 3 April 2022, Nuzulul Quran akan jatuh pada Senin, 18 April 2022 mendatang. 

Perlu diketahui, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW dari perantara malaikat Jibril. Peristiwa Nuzulul Quran ini selalu diperingati oleh umat muslim khususnya di Indonesia dengan berbagai macam tradisi seperti seribu tumpeng di Keraton Surakarta, kuwah beulangong di Aceh maupun kegiatan khataman Al-Quran yang dilaksanakan di majelis ilmu.

Lantas apa saja amalan dan keutamaan yang dianjurkan untuk dilaksanakan sebagai momentum peristiwa Nuzulul Quran ini?

Membaca Al-Quran

Peringatan Nuzulul Quran ini menjadi malam yang dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Allah SWT akan melipatgandakan pahala seseorang yang membaca Al-Quran pada malam 17 Ramadan. Selain membaca Al-Quran, umat muslim dianjurkan untuk mentadaburi Al-Quran atau mengetahui arti, makna dan hikmah yang ada pada sebuah ayat. 

Hal ini dikarenakan Al-Quran sebagai pedoman kehidupan manusia yang wajib untuk dipahami oleh setiap muslim.

Sholat Malam

Dalam memperingati malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat malam agar setiap dosanya diampuni oleh Allah SWT. Anjuran melaksanakan sholat pada malam Nuzulul Quran atau Lailatul Qadar ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda "Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari)

Malam Penentuan Takdir

Allah SWT menentukan nasib atau takdir seseorang selama satu tahun ke depan pada malam 17 Ramadan. Oleh karena itu, setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk meminta takdir terbaik dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa di masa lalu.

Itulah informasi singkat seputar malam Nuzulul Quran 2022 jatuh pada tanggal berapa beserta amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim. Semoga bermanfaat! source ; suara.com

Berbagi

Posting Komentar