-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

4 Ciri Orang Berbohong Menurut Psikologi, Kamu Patut Mengetahuinya!

Selasa, 13 Desember 2022 | 12/13/2022 04:55:00 AM WIB Last Updated 2022-12-13T00:50:49Z


Istilah berbohong bukanlah hal asing di telinga kita, bahkan bisa saja sering terjadi dalam kehidupan kita. Menurut KBBI, berbohong adalah menyatakan atau mengutarakan sesuatu yang gak benar atau yang gak sesuai dengan fakta.

Orang yang berbohong ini biasanya akan mengarahkan pada sisi negatif yang tentu bisa berakibat fatal dalam suatu kehidupan. Orang sering kali suka berbohong, maka selamanya ia akan sulit merasakan kedamaian dalam hidupnya.


Nyatanya orang yang lagi berbohong itu bisa kelihatan dari gerak-geriknya. Terkait dengan ciri-ciri orang yang lagi berbohong, mengutip dari akun instagram @mudahbergaul


berikut ada beberapa gerak-gerik yang bisa kamu lihat apakah orang tersebut lagi berbohong atau enggak.


1. Badan kelihatan pucat

Ini akan umum kelihatan waktu kamu ngobrol langsung kepada mereka yang mungkin lagi berbohong. Selain keringatan, biasanya wajahnya juga pucat layaknya orang sakit. Ini bisa saja dipengaruhi karena tekanan dalam dirinya tidak tenang karena mengungkapkan sesuatu yang gak benar dan juga bisa dalam keadaan tertekan antara berbohong dan ingin mengungkapkan fakta yang sebenarnya.


2. Ngomongnya terbata-bata

Orang yang kalau lagi bohon, saat menceritakan atau menjelaskan sesuatu, mereka cenderung gagap dan gugup ngomongnya. Banyak “eee’nya, gonta ganti versi ceritanya, dan suka susah buat ngasih tau hal-hal detail kalau kamu nanya-nanya kepada mereka.


3. Menghindari kontak mata kalau lagi ngobrol

Padangan matanya cenderung kemana-mana fokusnya kalau lagi ngobrol atau lagi ditanyain sesuatu. Bulak balik liatin hp, liat lawan, liatin sekitar dia, dan lain  sebagainya. Pada kondisi ini, orang yang lagi berbohong akan melakukan tingkah-tingkah aneh saat ngobrol dengan mereka, artinya mereka tidak bisa bertingkah seperti orang pada umumnya yang tidak berbohong. Ini dipengaruhi karena ada tekanan atau ingin menghindari dari topik pembicaraan.


4. Badan keringat tiba-tiba

Ada beberapa orang yang kalau lagi bohong badannya suka muncul keringat tiba-tiba. Padahal gak abis lari atau gak kepanasan. Padan kondisi ini tentu akan nampak jelas dari raut tubuhnya kalau ia sementara berbohong, saat badannya mulai keringat maka tentu cara bicaranya juga akan terbata-bata.


Nah, itulah ciri orang kalau lagi berbohong. Namun perlu diingat bahwa empat hal tersebut belum tentu sepenuhnya benar kalau orang tersebut lagi berbohong. Bisa jadi mereka cuma grogi atau memang belum bisa menyampaikan sesuatu dengan baik dan lancar.


source : yoursay.suara.com



i k l a n


 

×
Berita Terbaru Update