-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Deretan PO Bus asal NTB, Ada yang Jelajahi Rute hingga 1.300 Km Seberangi 3 Pulau

Jumat, 31 Maret 2023 | 3/31/2023 07:12:00 PM WIB Last Updated 2023-03-31T12:14:27Z



LIPUTANNTB.CO.ID - Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki sejumlah Perusahaan Otobus (PO). Bahkan, tidak sedikit PO bus asal NTB yang trayeknya hingga ke Pulau Jawa. 


Ini tentu memberikan alternatif bagi para masyarakat dan traveler yang ingin bepergian, dengan budget lebih murah dibanding pesawat terbang.


PO Bus Langganan Mudik Gratis, Penguasa Pulau Jawa Tapi, perjalanan dengan bus tidaklah mudah, karena jarak yang terbilang cukup jauh. Adapun jarak NTB ke Pulau Jawa sekitar 550 km sampai 1.300 km, atau kurang lebih 14 hingga 30 jam perjalanan.


Selain itu, di sepanjang perjalanan, bus pun harus menyebrang pulau sebanyak tiga kali, dengan diawali dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa menuju Pelabuhan Kayangan di Lombok hingga ke Pelabuhan Lembar, Lombok.


Kemudian, dari Lombok, perjalanan pun dilanjutkan dengan menyeberang ke Pelabuhan Padang Bai dan dilanjutkan menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali, dan selanjutnya kembali menyebrang ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.


Lantas, PO Bus mana saja yang berasal dari NTB? Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan PO Bus asal NTB yang menjajal trayek ke Pulau Jawa.


1. PO Langsung Indah



Bagi para warga Mataram, tentunya tidak asing lagi dengan PO Langsung Indah. PO tersebut beroperasi sejak 1995. PO ini melayani trayek Bima-Jakarta, serta menawarkan perjalanan ke Surabaya, Cirebon hingga Situbondo.


Untuk armada busnya, PO Langsung Indah memakai bus Mercedes-Benz dengan sasis OH Series dan desain bodi dari karoseri Morodadi Prima Patriot. Setiap armadanya sudah dilengkapi AC, kursi yang bisa disesuaikan hingga toilet.


2. PO Tiara Mas



PO Bus asal NTB yang kedua yakni Tiara Mas. PO yang satu ini berbasis di Sumba dan sudah beroperasi sejak 1994. PO Tiara Mas melayani perjalanan wisata dan juga Antarkota Antarprovinsi (AKAP).


Untuk rute kota tujuan dari PO Tiara Mas di Pulau Jawa, yakni Surabaya, Jakarta, dan Malang. PO ini menggunakan armada Hino RK8 dengan bodi dari karoseri Adiputro. Untuk fasilitas yang ditawarkan yakni AC, recleaning seat, LCD TV dan toilet.


3. PO Rasa Sayang



PO Bus asal NTB yang ketiga yakni PO Rasa Sayang. PO ini awal mula beroperasi pada 1992. Saat itu, PO tersebut hanya menawarkan perjalanan dari Bima menuju Jakarta. Tapi, dalam perkembangannya, perusahaan otobus tersebut pun melayani perjalanan ke Surabaya.


Dengan perjalanan yang mencapai 30 jam, PO Rasa Sayang menawarkan bus Hino RK8 R260 dengan fasilitas yang lengkap. Dari mulai AC, recleaning seat, USB Port, dan makanan gratis selama perjalanan.


4. PO Titian Mas




Perusahaan otobus asal NTB yang keempat yakni PO Titian Mas. PO ini memulai kiprahnya dari angkutan desa di Sumba pada 1994 lalu. Namun, pada perkembangannya, PO Titian Mas menjelma menjadi bus AKAP Yang melayani perjalanan hingga Surabaya dan Malang.


Untuk Armadanya, PO Titian Mas memiliki armada yang cukup bisa bersaing dengan kompetitor. Yakni menawarkan beberapa fasilitas seperti toilet, kabin yang luas, AC, TV, dan makanan gratis.


5. PO Dunia Mas




PO Bus asal NTB yang kelima yaitu PO Dunia Mas. Perusahaan otobus yang satu ini didirikan oleh Muhidin Daeng Jubaida pada 1995 lalu, dengan rute Bima-Dompu-Sumbawa. Kemudian, sekitar 2 tahun kemudian, mereka membuka rute Labuan Bajo-Bima-Denpasar-Surabaya-Jakarta.


Untuk Armadanya, PO Dunia Mas memakai bus Hino R260 dengan fasilitas lengkap. Dari mulai toilet, AC, tempat mengisi daya ponsel atau laptop, televisi, hingga karaoke. Selain itu, terdapat juga bantal dan selimut untuk para penumpang. Sumber : iNews.id



iklan


×
Berita Terbaru Update