-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menyambut Ramadan di London, Yerusalem, Aceh, Sarajevo, serta di belahan dunia lainnya dalam rangkaian foto

Kamis, 23 Maret 2023 | 3/23/2023 10:34:00 PM WIB Last Updated 2023-03-23T15:34:50Z

 


Menyambut Ramadan di London, Yerusalem, Aceh, Sarajevo, serta di belahan dunia lainnya dalam rangkaian foto

BY BBC

Umat Islam Indonesia dan beberapa negara di belahan dunia memulai hari pertama Ramadan pada Kamis (23/03).


Di Indonesia, masyarakat menyambut bulan suci ini dengan melakukan salat tarawih berjemaah hingga melakukan beragam tradisi, seperti pawai obor.


Sementara itu, untuk pertama kalinya di London, Inggris, lampu-lampu lampion menghiasi jalan tanda dimulainya bulan suci umat Muslim.


Di Yerusalem, pasukan keamanan Israel berpatroli saat warga Muslim Palestina berkumpul di luar gerbang Damaskus menjelang puasa.


Berikut foto-foto dari belahan dunia bagaimana umat Muslim menyambut Ramadan.


Ribuan umat Islam sedang melaksanakan salat berjemaah menandai dimulainya bulan suci Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu (22/03).


Selain melakukan salat, ratusan umat Islam di Indonesia juga melakukan beberapa tradisi menyambut bulan suci Ramadan, seperti yang dilakukan warga Jakarta mengikuti tradisi pawai obor, Minggu (19/03).


Banyak umat Islam di Indonesia, menyambut Ramadan, dengan berziarah ke makam keluarga, seperti ibu ini yang membaca Al-Qur'an di pemakaman korban Covid-19 di Medan, Minggu (19/03).


Sementara itu, di Tangerang, Banten, banyak warga mengikuti tradisi "keramas" dengan mandi bersama di Sungai Cisadane, Selasa (21/03) . Tradisi ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagai cara bersuci untuk menyambut bulan suci Ramadan.


Selain di Indonesia, kemeriahan menyambut Ramadan juga terlihat di Kota London, Inggris.


Untuk pertama kalinya, Jalan Coventry yang terkenal di London dihias dengan ornamen Ramadan, menandai dimulainya bulan suci umat Islam di Inggris, Rabu (22/03).


Sementara itu, umat Islam di Amerika Serikat melakukan salat tarawih pertama pada awal bulan suci Ramadan di Diyanet Center of America (DCA) di Maryland, Rabu (22/03).


Di Turki, umat Islam melakukan sholat tarawih pertama pada awal bulan suci Ramadan di Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Rabu (22/03).


Bangunan berusia 1.500 tahun ini awalnya dibangun sebagai katedral dan diubah menjadi masjid ketika Kekhalifahan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) merebut kota Istanbul pada 1453, lalu diubah menjadi museum pada 1934.


Tahun 2020, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menandatangani dekrit yang menjadi dasar hukum perubahan status Hagia Sophia di Istanbul dari museum menjadi masjid.


Di wilayah Eropa tenggara, meriam Ramadan pertama ditembakkan sebagai pertanda masuknya bulan suci Islam di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina, Rabu (22/03).


Kedatangan bulan suci bagi umat Islam diumumkan ke seluruh kota juga dengan melepaskan balon yang telah menjadi tradisi sejak Kekaisaran Ottoman yang berlanjut di Sarajevo dan kota-kota lain di Bosnia dan Herzegovina.


"Musaharatis" di Palestina berjalan melewati grafiti mural sambil menabuh genderang saat mereka berkeliling di Rafah di Jalur Gaza selatan pada malam pertama Ramadan, Kamis (23/03).


Musaharatis adalah "penabuh Ramadan" tradisional yang berperan untuk membangunkan umat Muslim untuk makan sahur sebelum dimulainya puasa hari berikutnya selama bulan suci Ramadan.


Di bagian lain Palestina, beberapa warga menyambut bulan suci Ramadan dengan bermain kembang api, seperti yang dilakukan dua orang ini di kota Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, Selasa (21/03).


Sementara di Kota Tua Yerusalem, pasukan keamanan Israel berpatroli saat warga Palestina berkumpul di luar gerbang Damaskus menjelang bulan puasa Ramadhan, Rabu (22/03).


Di wilayah yang dihantam gempa Februari lalu, umat Muslim berkumpul di Masjid al-Kabir untuk melakukan solat tarawih pertama di bulan suci Ramadan di distrik Ma'arrat Misrin, Idlib, Suriah, Rabu (22/03).


Wilayah Idlib adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak gempa bumi di Suriah pada Februari lalu.


Masih di kota Idlib, Suriah, seorang ibu terlihat sedang makan di depan tenda pengungsian menjelang bulan suci Ramadan, Selasa (21/03).

Warga sipil yang tinggal di Idlib akan menjalani puasa tahun ini di tenda pengungsian akibat gempa bumi yang merusak rumah mereka Februari lalu.


Di Asia selatan, umat Muslim berbelanja makanan hingga pakaian di sekitar area Masjid Jama untuk persiapan bulan suci Ramadan di New Delhi, India, Rabu (22/03).


Orang-orang Pakistan membeli kebutuhan mereka menjelang bulan suci Ramadan di pusat-pusat perbelanjaan yang ramai di Karachi, Pakistan, Senin (20/03).


Kurma menjadi buah terlaris yang dibeli umat Muslim sebagai pelengkap berbuka puasa.

Di Sudan, Afrika, terdapat minuman wajib saat berbuka puasa, yaitu Helo Murr. Minuman ini dibuat dari jagung kering dan rempah-rempah yang kemudian dicelupkan ke dalam air minum.

Seorang perempuan di sebuah desa di selatan Khartoum, Sudan, tengah menyiapkan Helo Murr menjelang bulan suci Ramadan.


Di Mesir, orang-orang berbelanja lentera Ramadan di distrik Sayyida Zeinab, pusat ibu kota Mesir Kairo, di tengah persiapan menjelang bulan suci Ramadan.


"Lentera Ramadan" adalah salah satu simbol terpenting Ramadan di dunia Islam, yang mungkin pertama kali diproduksi di Mesir.

×
Berita Terbaru Update