-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Catat! Inilah Tips & Trik Merawat Juko yang Gampang dan Cepat

Kamis, 08 Juni 2023 | 6/08/2023 07:59:00 PM WIB Last Updated 2023-06-09T11:18:37Z

Catat! Inilah Tips & Trik Merawat Juko yang Gampang dan Cepat


Slug: tips-&-trik-merawat-juko-19


Meta description; Ingin kualitas baju lebih terjaga? Cek penjelasan tips & trik merawat juko pada artikel ini sekarang!


rathore.com

Caption; Yuk, cek tips & trik merawat juko disini!


Baju juko merupakan salah satu jenis model fashion pria yang cukup populer akhir-akhir ini loh! Biasanya baju ini digunakan untuk kegiatan ibadah buat para muslim. Desain dari baju juko juga terlihat sangat stylish dan kece, jadi gampang dipadukan dengan outfit apapun.


Sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana cara merawat juko dengan benar. Kira-kira apa saja ya caranya? Yuk, simak bersama penjelasannya dibawah ini!




Apa Itu Baju Juko?


Sebelumnya sudah disinggung sedikit, tapi buat yang masih belum tahu baju juko merupakan baju yang didesain khusus untuk para muslim. Jadinya nggak heran kalau ternyata ukuran baju satu ini cukup panjang bahkan sampai menutupi pantat.


Bicara soal desain, baju juko sendiri sudah hadir dengan begitu banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan sama selera fashion kamu loh. Mulai dari putih, hitam, coklat muda, abu-abu, dan masih banyak lagi. Bahkan, baju juko ini juga hadir dengan model lengan panjang dan lengan pendek.


Tetapi satu hal yang membedakan baju juko ini dengan baju lain yaitu, pada bagian kerah. Jika pada baju juko biasanya hanya menggunakan kerah model mandarin. Kerah jenis ini bisa memberikan kesan formal jika dikancingkan, sedangkan jika dibuka membuat kamu tampak lebih santai loh. Makanya itu, baju juko ini cocok digunakan untuk acara formal dan non formal.


Ditambah lagi, bahan material baju juko terbuat dari bahan katun, sehingga memiliki kemampuan menyerap keringat yang menakjubkan. Jadinya kalau dipakai selama seharian nggak bakal meninggalkan noda bekas keringat di pakaian deh!


Tips dan Trik Merawat Juko


Setelah mengetahui tentang baju juko, tentu harus tahu tentang cara perawatannya agar baju bisa tahan lebih lama. Cara perawatan baju jenis ini sangat mudah, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah loh. Ada beberapa cara yang bisa kamu contoh, seperti:


Pastikan memisahkan baju juko saat mau dicuci


thespurce.com

Cara pertama yang perlu kamu perhatikan saat mau mencuci baju juko adalah memisahkannya dengan baju lainnya. Hal ini tentu berlaku untuk baju yang berwarna putih, agar nggak kena lunturan dari baju lainnya. Sebab jika nggak kemungkinan besar baju juko milik kamu terdapat bercak-bercak.


Memisahkan baju juko berwarna putih dengan yang lainnya ini juga mampu menjaga kualitasnya, jadi bahannya masih tetap awet deh! Kamu juga bisa menambahkan penggunaan cairan pemutih pembersih pakaian agar warna putihnya tetap tampak kinclong, meskipun sudah dicuci berkali-kali.


Cuci pakai air normal


survivalworld.com

Ternyata baju juko nggak boleh dicuci dengan air sembarangan loh, kamu harus menggunakan air normal. Sebab, banyak yang mengira kalau mencuci baju juko pakai air hangat, bisa membuat serat kain lebih cepat rusak bahkan mengkerut.


Selain itu, air dengan suhu normal biasanya jauh lebih aman dan nggak bikin serat kain jadi rusak, sehingga baju juko jadi tahan lebih lama deh! Air suhu normal juga bisa digunakan unuk proses perendaman, mengucek, hingga diperas. Jadi pastikan mulai sekarang nggak perlu repot-repot memasak air lebih dulu buat cuci baju juko.


Disarankan cuci manual pakai tangan


cleanipedia.com

Buat kamu yang sering banget cuci baju juko dengan menggunakan mesin cuci, coba deh sekarang beralih untuk cuci secara manual. Sebab metode mencuci ini dipercaya nggak merusak serat kain, alias nggak membuat kain jadi mudah sobek.


Ditambah lagi, baju juko juga nggak digunakan secara harian, jadi pastinya nggak banyak noda atau keringat yang menempel. Jadinya cukup dicuci secara manual menggunakan tangan saja deh! Caranya sendiri sangat mudah, kamu tinggal mengucek kain secara perlahan nggak perlu terlalu keras agar kain nggak rusak.


Tetapi pastikan tenaganya nggak terlalu pelan juga, agar kotoran membandel yang menempel bisa bersih dengan sempurna. Usahakan nggak menggunakan sikat saat mencuci baju juko, karena bisa membuat serat kain hingga bordiran baju jadi rusak.


Keringkan baju di tempat teduh


thespurce.com

Faktanya terlalu sering mengeringkan pakaian menggunakan mesin cuci bisa menyebabkan kualitasnya menurun. Hal yang sama akan terjadi buat baju juko yang sering dikeringkan pakai mesin cuci, jadi meskipun efisien ternyata nggak baik dan akan memberikan dampak buruk nantinya.


Maka solusinya adalah kamu perlu mengeringkan pakaian sekaligus baju juko dengan cara menjemurnya di tempat yang teduh. Jadi baju bisa mengering dengan bantuan angin dan sedikit sinar matahari. Tujuannya agar baju bisa mengering dengan sempurna dan kualitas kainnya nggak bakal gampang rusak.


Pastikan kamu nggak menjemur baju juko tepat langsung dibawah sinar matahari, karena bisa menyebabkan kualitas warna pakaian luntur. Jadi nantinya tampilan baju nggak keliatan jelek dan kualitas kainnya tetap terjaga.


Perhatikan tempat penyimpanan baju


lifestorage.com

Menyimpan baju juko di tempat yang lembab bisa menyebabkan munculnya jamur sekaligus bisa membuat baju berbau nggak sedap loh. Makanya itu, disarankan untuk meletakkan kapur barus di lemari agar meminimalisir jamur.


Ada cara lainnya yang bisa ditiru saat menyimpan baju juko yaitu, di lemari yang kering dan bersih dari debu. Jadi harus sering-sering membersihkan lemari yang digunakan untuk menyimpan baju ini, agar nggak gampang kotor.


Kamu juga bisa menggantung baju menggunakan hanger yang terbuat dari kayu sebelum menyimpannya di lemari. Cara ini tentu menghindari agar baju nggak gampang kotor dan terkena debu deh!


Nggak perlu terlalu sering dicuci


thewandererindia.com

Kamu sendiri sudah tahu kalau baju juko ini jarang banget dipakai atau digunakan sehari-hari, sehingga nggak perlu dicuci terlalu sering deh! Solusinya kamu hanya perlu mencuci baju selama dua hari sekali saja, karena baju jarang dipakai biasanya nggak menimbulkan noda yang bersifat membandel.


Agar baju juko nggak menimbulkan bau nggak sedap saat nggak dicuci, kamu hanya perlu menggantungnya menggunakan hanger saja. Kemudian gantung baju di tempat yang teduh agar mudah lebih mudah terkena angin.


Tips ini juga disebut bisa menjaga kualitas baju, karena baju juko yang terlalu sering dicuci disebut akan lebih mudah rusak. Hal ini dikarenakan baju yang terlalu sering terkena deterjen dan air bisa membuat warna, serat kain, sampai jahitannya jadi rentan sobek atau rusak.




Nah, itulah semua deretan tips & trik untuk merawat juko agar kualitasnya jadi lebih terjaga dan nggak gampang rusak. Jadinya kamu nggak perlu lagi deh bolak balik beli baju baru.


Jika membahas soal baju juko, ternyata HALIMA juga mengeluarkan produk yang sama loh. Kalau kamu tertarik tinggal beli saja di HALIMA Official Store di Blibli. Dapatkan berbagai penawaran menarik seperti promo hingga cashback. Jadi tunggu apa lagi nih guys? Langsung aja beli di Blibli sekarang juga!

 

×
Berita Terbaru Update