-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Google Kalah Sidang, Masa Depan Internet Bakal Berubah

Kamis, 14 Desember 2023 | 12/14/2023 05:25:00 PM WIB Last Updated 2023-12-14T10:26:47Z



LIPUTANNTN.net  -  Pengadilan memenangkan perusahaan pembuat gim Fortnite, Epic Games, dalam sidang sengketa anti-monopoli melawan Google. Kemenangan Epic atas Google bisa mengubah total industri aplikasi secara global.


Dalam gugatannya, Epic menuduh Google menghancurkan kompetitornya di industri aplikasi kemudian menetapkan biaya tinggi (yaitu hingga 30 persen) untuk pengembang aplikasi.


Setelah sebulan melalui proses sidang, juri memenangkan semua tuntutan Epic. Ganti rugi yang harus dibayar Google akan diputuskan pada Januari.


Menurut Reuters, industri aplikasi mobile akan berubah total setelah Google kalah di pengadilan.


Government Affairs and Public Policy di Google kepada Reuters.


CEO Epic Tim Sweeney merayakan kemenangannya di media sosial Twitter dengan menyebut "monopoli Google Play."


Salah satu tudingan Epic adalah Google secara ilegal menggabungkan bisnis Play Store dan pembayaran mereka. Artinya, pengembang harus menggunakan kedua layanan tersebut jika ingin aplikasi mereka ditawarkan di Play Store.


Meskipun Play Store hanya berkontribusi kecil terhadap pendapatan Google, bisnis ini penting sebagai gerbang ke bisnis HP dan tablet yang bernilai miliaran dolar AS.


Salah putusan yang berpotensi harus dilaksanakan Google setelah dinyatakan kalah melawan Epic adalah mengizinkan toko aplikasi lain diinstal di HP Android. Selain itu, Google terancam kehilangan pendapatan yang mereka kutip dari tiap transaksi di dalam aplikasi Android.


""Putusan hari ini membuktikan bahwa praktik toko aplikasi Google ilegal dan mereka mengeksploitasi monopoli mereka dengan mengenakan biaya yang selangit, menghambat kompetisi dan inovasi," kata Epic. Source : cnbcindonesia



iklan


×
Berita Terbaru Update