-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

HUT Provinsi NTB ke 65 di pulau Sumbawa, Pemprov NTB melalui Rs. Mata adakan Baksos Operasi Katarak

Selasa, 19 Desember 2023 | 12/19/2023 07:16:00 AM WIB Last Updated 2023-12-19T00:16:53Z


LIPUTANNTB.net  |  Sumbawa - - HUT NTB ke-65 di Pulau Sumbawa, Pemerintah Provinsi NTB melalui Rumah Sakit Mata Provinsi NTB laksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, dengan total jumlah operasi 131 Mata di RSUD Kabupaten Sumbawa pada Minggu, (17/12)


Dilansir dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB, angka kebutaan di Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk dalam urutan kedua tertinggi Nasional, dimana berdasarkan data dari Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), prevalensi kebutaan di Provinsi NTB sebesar 4%, dimana penyebab kebutaan paling tinggi adalah Katarak. Sehingga masalah kebutaan ini tidak hanya menjadi masalah kesehatan, namun juga masalah sosial. Hal ini terjadi karena banyak faktor, diantaranya; Pelayanan Kesehatan yang sulit dijangkau khususnya di daerah terpencil, keterbatasan finansial dan informasi, serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan mata. 


Permasalahan mengenai kebutaan ini, telah menjadi perhatian yang serius bagi Pemerintah Provinsi NTB, dengan menggandeng Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Rumah Sakit Mata NTB, terus berupaya untuk menekan angka kebutaan di Provinsi NTB.


Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesling Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Badarudin, S.Kep.Ns,MM, meninjau langsung pelaksanaan Baksos Operasi Katarak di RSUD Kabupaten Sumbawa tersebut. 


“Alhamdulillah ini dilakukan sebagai hadiah untuk HUT NTB ke 65 dan terus berikan yang terbaik untuk masyarakat NTB kedepan”. Tegasnya.


Iklan advertising 


Baksos Operasi Katarak Gratis itu pada dasarnya telah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Rumah Sakit Mata NTB dari tahun ke tahun, dan terus melakukan koordinasi serta kolaborasi dengan berbagai pihak, baik Pemerintahan maupun Non pemerintah untuk dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas, agar semakin banyak masyarakat yang sembuh dari kebutaan, sehingga dapat kembali beraktivitas secara mandiri dan produktif dan berdampak pada kenaikan taraf hidup serta ekonomi masyarakat.


Agenda tersebut menjadikan Momentum Peringatan HUT Provinsi NTB ke-65 dan HUT Rumah Sakit Mata NTB ke-6 merefleksikan diri dan terus semangat dalam mengabadikan diri untuk masyarakat NTB. (Kominfotikntb)


×
Berita Terbaru Update