-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Joni Irawan : Ukuran dari Pemilu adalah pesertanya harus siap kalah dan menang

Senin, 08 Januari 2024 | 1/08/2024 10:06:00 PM WIB Last Updated 2024-01-08T15:06:34Z



LIPUTANNTB.net - Ketua Umum Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Katokal Peduli, Joni Irawan mengingatkan, calon anggota legislatif (Caleg) yang bersaing dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 agar siap menerima kekalahan. "Caleg tentu menginginkan menang, tidak ingin kalah sehingga akan terjadi gesekan-gesekan. Untuk itu saya ingatkan kepada Caleg (juga kepada diri saya sendiri) harus siap kalah dan menang, " katanya, di kediamannya siang tadi (8/1/2024).


Menurut dia, ukuran dari Pemilu adalah pesertanya harus siap kalah dan menang agar tercipta pesta demokrasi yang aman damai serta melahirkan pemimpin yang amanah. "Pemilu nanti ukurannya adalah siap kalah dan menang, dalam artian Caleg yang kalah harus senang melihat saudaranya yang menang. Itu baru menyontoh apa yang telah dilakukan oleh para sahabat Rasullah Muhammad SAW, " katanya.


Joni irawan mengatakan, untuk menjunjung tinggi ajaran Rasulullah SAW sebagai panutan utama, maka harus memperhatikan momentum pemilu itu sebagai ukuran sejauh mana mengikuti jejak Rasulullah SAW. "Rasullah Muhammad SAW mengatakan, tidaklah seseorang dari kalian itu beriman hingga menyenangi apa yang dimiliki oleh saudaranya seperti apa yang dimiliki dirinya. Dalam kontek pemilu, caleg yang kalah harus senang melihat saingan politiknya menang.


"Itu baru mengamalkan Sunnah Rasullah SAW, "ujarnya. Menurut Joni Irawan, bersaing dalam Pemilu itu wajar namun jangan sampai memusuhi mereka yang menang hanya karena merasa tidak senang. "Akui kekalahan dan dukung mereka yang menang karena ukuran sukses Pemilu bukan saja berhasil memenangkan pertarungan politik tetapi sejauhmana pesertanya mampu menciptakan pemilu yang elegan," katanya.

 

Reporter (d)

 

×
Berita Terbaru Update