-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apel Siaga : Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

Selasa, 02 April 2024 | 4/02/2024 09:43:00 AM WIB Last Updated 2024-04-02T02:43:45Z


LIPUTANNTB.NET - Badan Pangan Nasional dan Dinas Kesehatan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersatu dalam menggelar Apel Siaga guna memastikan pengamanan pasokan dan stabilnya harga pangan menjelang Idul Fitri 2024. Acara ini diadakan sebagai langkah proaktif dalam menghadapi potensi lonjakan permintaan dan fluktuasi harga pangan menjelang momen penting bagi umat Islam.


Para peserta Apel Siaga yang terdiri dari Kepala Badan Pangan Nasional, Menteri Pertanian RI, Perwakilan dari BPS RI, Beberapa Penjabat Gubernur, sedangkan Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, beserta pejabat teras Provinsi NTB mengikuti via Daring di Pendopo Gubernur NTB, berkumpul untuk menyusun strategi dan langkah-langkah konkret dalam menghadapi tantangan tersebut.


Dalam sambutannya, Kepala Badan Pangan Nasional,  Arif Prasetyo Adi, S.T., M.T menegaskan pentingnya kerjasama lintas sektor dan sinergi antar stakeholder dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan. Dijelaskannya acara tersebut tidak akan berjalan sukses kalau tidak ada dukungan dari seluruh Stakeholder pangan. 

Harapnya Pangan indonesia harus maju dan harus jaya. 


“Pentingnya kerjasama lintas sektor dan sinergi dari semua Stakeholder” jelasnya. 


Beberapa langkah yang diambil dalam Apel Siaga ini antara lain peningkatan monitoring pasokan dan harga pangan, peningkatan koordinasi antara petani, distributor, dan pedagang, serta kampanye penyuluhan kepada masyarakat mengenai pola konsumsi pangan yang sehat.


Di tempat yang berbeda dalam acara yang sama masyarakat sangat bersyukur dan merasa terbantu akan adanya pasar murah yang di lakukan serentak di seluruh Indoensia ini khususnya NTB, masyarakat sangat senang dan sangat antusias untuk berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pokok menyambut hari raya Idul Fitri. 


“Sangat membantu sekali, untuk mempersiapkan  persediaan bahan pokok menyambut hari raya, terlebih disini kan harganya lebih murah dari pasar” cerita Umi, salah satu pengunjung pasar murah di Taman Sangkareang Senin, (01/04/2024).


Di lain sisi Simah salah satu pengunjung pasar murah serentak itu menceritakan bahwa dirinya sudah datang sejak pagi, untuk berbelanja kebutuhan pokok. 


“Saya datang kesini pagi-pagi, untuk mencari bahan pokok, khususnya daging karena takut kehabisan” tutupnya. 


Diharapkan melalui Apel Siaga ini, NTB dapat menghadapi masa Idul Fitri dengan lebih siap dan terorganisir dalam hal ketersediaan dan harga pangan. Semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama demi terwujudnya kondisi pangan yang aman, cukup, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Rilis; (Pnd/opk/diskominfotikNTB).

×
Berita Terbaru Update