-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bunda Lale Hadiri Seminar Kartini Day's

Senin, 22 April 2024 | 4/22/2024 08:35:00 AM WIB Last Updated 2024-04-22T01:36:32Z


Bunda Lale Hadiri Seminar Kartini Day's : Emansipasi Wanita Adalah Sebuah Kewajiban Yang Harus di Tegakkan


LIPUTANNTB.NET -- Mataram - Penjabat Ketua TP - PKK Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi menghadiri acara seminar Kartini Day's yang bertemakan "Emansipasi Wanita Adalah Sebuah Kewajiban Yang Harus di Tegakkan" berlangsung di Gedung A FKIP Universitas Mataram, Minggu (21/04).


Dalam pemaparannya, Bunda Lale menjelaskan terkait dengan emansipasi wanita menurut kamus besar bahasa Indonesia, yaitu pembebasan dari perbudakan persamaan hak diberbagai aspek kehidupan masyarakat.


"Perempuan - perempuan pada zaman dahulu terbelenggu menjadi budak daripada penjajah, sehingga itulah yang membuat Raden Ajeng Kartini mengajak para perempuan agar dapat terbebas dari perbudakan, ingin ada kesamaan hak antara laki - laki dan perempuan,"jelasnya. 


Menurut Bunda Lale, Emansipasi wanita adalah suatu gerakan yang didalamnya memuat tentang perjuangan seorang perempuan yang ingin memperjuangkan perempuan lain agar mendapatkan haknya.



"Inilah yang dilakukan Rajeng Ajeng Kartini, beliau berjuang agar bagaimana perempuan- perempuan bisa mendapatkan haknya, itulah yang menjadikan kita bisa rasaka, sekolah dan segala macam lainnya," ungkapnya. 


Selain itu, Bunda Lale memaparkan terkait bagaimana menjadi Kartini masa kini, yaitu Pertama, dengan cara berjuang untuk pendidikan. 


"Salah satu cara menjadi Kartini Masa Kini adalah dengan berjuang untuk pendidikan, adik - adik dapat mengemban pendidikan sampai perguruan tinggi, berterimakasih kepada kedua orang tua yang telah memberikan pendidikan, nah sekarang semua ada ditangan kita apakah ingin melanjutkan setinggi - tingginya," ujarnya. 


Kedua, Mandiri dalam kehidupan, dengan cara lebih mandiri dan menjadi lebih tangguh dalam berbagai situasi kehidupan. 


"Jangan cengeng apabila belum mendapat kiriman dari orang tua dan sebagainya, harus lebih kreatif dan memanfaatkan momentum untuk lebih bisa mandiri," tuturnya.  


Ketiga, Berani membanggakan identitas sebagai wanita, dengan cara jangan pernah merasa rendah diri. " Kita perempuan harus bisa dan kuat, perbedaan laki - laki dan perempuan, dimana perempuan bisa memikirkan banyak hal dalam satu waktu, itu kelebihan dari perempuan, mari kita bangga menjadi perempuan," ungkapnya. 


Keempat, harus aktif dalam kegiatan sosial. Kalau ada disekitar rumah atau kos ada gotong royong maka harus ikut serta membantu masyarakat. dan yang Kelima adalah berjuang untuk kesetaraan gender.


"Kesetaraan gender adalah bagaimana antara laki - laki dan perempuan bisa setara dari segi pendidikan, pendapatan ekonomi dapat setara," ungkap Bunda Lale. (diskominfotikntb) Siaran Pers Pemerintah Provinsi NTB

×
Berita Terbaru Update