-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keren, Nilai Indeks Masyarakat Digital Indonesia Provinsi NTB Diatas Rata-rata Nasional

Kamis, 09 Mei 2024 | 5/09/2024 06:51:00 AM WIB Last Updated 2024-05-08T23:51:09Z


LIPUTANNTB.NET - Mataram - Setiap Kementerian Lembaga, memiliki instrumen untuk mengukur kinerja sektornya di daerah, baik di provinsi maupun di Kab/kota. Pengukuran kinerja daerah yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga untuk memotret keseriusan dan kinerja sebuah daerah dalam bidang kewenangannya, termasuk dalam hal ini PJ Sekda Pemerintah Provinsi NTB, Ibnu Salim, SH., M.Si, menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aptika dan IKP Kementerian Kominfo RI, Dr. Said Mirza Pahlevi, M.Eng., di ruang rapat kantor Sekda Provinsi NTB, Rabu (8/5/2024).


Pada tahun 2023, berdasarkan hasil survey Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) melalui pemantauan portal IMDI posisi provinsi NTB memiliki nilai IMDI 47,665 yakni berada diatas rata-rata IMDI Nasional yang berada pada nilai 43,18. 


Tercapainya hasil tersebut merupakan capaian bersama masyarakat NTB, beserta Bupati maupun Walikota. Hal ini membuktikan masyarakat NTB telah familiar dengan dunia digital, namun dikatakan juga bahwa pada portal IMDI ini dapat dilihat masih kurangnya daya serap pekerjaan untuk lulusan pendidkan di bidang digital dan juga masih kurang aktifnya dunia usaha atau UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dalam usahanya.


Dalam kesempatan ini PJ Sekda menyatakan bahwa untuk penggunaan perangkat digital di NTB ini masyarakat sudah cukup banyak yang menggunakannya dan ini merupakan modal kuat bagi kami, salah satu hal untuk meningkatkan nilai IMDI di Pemprov NTB perlunya kolaborasi antara Pusat Penelitaian dan Pengembangan Aptika Kemenkominfo dengan Pemprov NTB untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat NTB dan ASN untuk dapat meningkatkan skill dan pengetahuan di dunia digital.


Digitalen Kemenkominfo memiliki beberpa pilihan program pelatihan diantaranya Fresh Graduate Academy, Vocation School Graduate Academy, Talen Scouting Academy, Profesional Academy, Digital Entrepreneurship, Thematic Academy, Government Transformation Academy, dan Digital Leadership Academy. Pada sisi layanan kemudahan untuk pelatihan masyarakat dapat secara gratis mengakses di website www.didgitalent.kominfo.go.id. yang sudah disediakan.


Kadis Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, menyatakan ketertarikan untuk kerjasama dan kolaborasi untuk dapat mengadakan pelatihan-pelatihan tersebut di NTB baik itu untuk ASN di lingkup Pemprov NTB dan juga untuk para penggiat usaha/UMKM yang ada di wilayah Provinsi NTB.


Pemprov NTB juga mengajak Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aptika dan IKP Kementerian Kominfo RI untuk meninjau langsung ruang Command Center yang dikelola langsung oleh UPTD Layanan Digital Diskominfotik Provinsi NTB. Dr. Said Mirza Pahlevi sangat tertarik untuk berkolaborasi bersama Pemprov NTB agar dapat menampilkan data-data dari portal IMDI kedalam aplikasi yang ada di Command Center NTB dan diharapkan dapat membantu Pemprov NTB dalam upaya mendorong pengembangan masyarakat digital di Provinsi NTB.

×
Berita Terbaru Update