-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Arti Warna Helm Proyek yang Digunakan Pekerja Kontruksi

Jumat, 07 Juni 2024 | 6/07/2024 05:29:00 PM WIB Last Updated 2024-06-07T10:29:47Z


LIPUTANNTB.NET
-- Helem proyek adalah salah satu alat yang berfungsi sebagai pelindung keselamatan saat bekerja dalam pelaksanaan konstruksi. Tujuan tujuannya untuk melindungi kepala apabila terkena jatuhan material, sehingga meminimalisasi dari cedera serius. Biasanya, helm proyek digunakan oleh para pekerja konstruksi di lapangan dengan jenis warna yang berbeda-beda.


Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol PUPR, warna helm proyek berbeda-beda pada bertujuan untuk menunjukkan identitas pemakainya. Warna dan penggunaan helm proyek sesuai dengan SE Menteri PUPR No. 11/SE/M/2019 tentang Petunjuk Teknis Biaya Penyelenggaraan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

 

Lantas, apa saja makna atau arti dari setiap warna helm proyek?

 

Arti warna helm proyek Berikut adalah standar warna helm proyek yang umum digunakan di tanah air beserta artinya:

 

1. Warna kuning



Helm proyek berwarna kuning digunakan oleh Pekerja pada Unit Kerja Sipil, yakni para pekerja umum di lapangan atau sub-kontraktor. Biasanya pekerja yang menggunakan helm dengan warna ini juga harus mengenakan rompi berwarna kuning terang saat sedang di lokasi konstruksi.

 

2. Warna biru


 Helm proyek berwarna biru umumnya digunakan oleh para pekerja pada unit kerja mekanikal elektrikal (ME). Ini juga biasa digunakan oleh pekerja lapangan yang punya jabatan sebagai supervisor lapangan, operator teknis, atau pengawas sementara di sebuah kawasan proyek. Operator teknis di sini misalnya adalah teknisi kelistrikan sampai dengan tenaga ahli di bangunan kayu.

 

3. Warna hijau



Helm berwarna hijau digunakan untuk pekerja pada unit kerja lingkungan. Mereka adalah pengawas lingkungan atau peneliti lingkungan untuk proyek tengah dibangun.

Jadi, pekerja yang mengenakan helm proyek warna hijau biasanya spesialis tentang keadaan lingkungan proyek maupun di sekitarnya.

 

4. Warna merah


 Helm proyek berwarna merah digunakan untuk pekerja pada unit K3 (keselamatan dan kesehatan kerja). Pekerja yang mengenakan helm berwarna merah biasanya menduduki jabatan sebagai pengawas sistem pengamanan di kawasan proyek.

 

5. Warna putih


Helm proyek warna putih digunakan untuk tamu proyek dan tim proyek (Pelaksana, Kepala Pelaksana, Kepala Proyek). Ini bisa dibedakan berdasarkan pad strip pada helm tersebut.


Ketentuan strip yang membedakan helm putih bagi tim proyek adalah sebagai berikut: Pelaksana, warna putih polos dilengkapi dengan 1 strip (8 milimeter) Kepala pelaksana, warna putih polos dilengkapi dengan 2 strip (2 x 8 milimeter) Kepala proyek, warna putih polos dilengkapi dengan 3 strip berukuran masing-masing 8 milimeter, dan 1 strip 15 milimeter di bagian paling atas. Sedangkan helm putih untuk tamu proyek adalah, menggunakan helm proyek warna putih polos.



sumber : https://www.kompas.com

 

×
Berita Terbaru Update