Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Pelayanan Pos Yandu Menjadi Fokus Utama Program Kesehatan Masyarakat Desa Baru Tahan

Kepala Desa Baru Tahan Abdul Haid, S. Sn

LIPUTANNTB.NET -- Kepala Desa Baru Tahan Abdul Hamid, S. Sn, kepada wartawan LIPUTANNTB.NET usai pelantikan mengatakan penambahan masa jabatan 2 tahun bagi kepala desa ini justru menjadi tambahan tanggungjawab bagi para kepala kades.


"Jadi jangan diterjemahkan mereka melanjutkan haknya, tapi justru mereka diminta untuk bisa menjalankan tanggungjawab dengan lebih baik lagi. Tentu tantangan kedepan, tidak semakin ringan tapi semakin berat," ungkap kades.


Ia menambahkan “apalagi ditengah banyaknya agenda penting mulai dari pemilu hingga pilkada ini, perpanjangan masa jabatan Kades menjadi tanggungjawab tersendiri utamanya dalam menjaga kamtibmas.


Desa baru tahan yang berada di kecamatan moyo utara terdiri dari tiga dusun yakni Dusun Baru A, Dusun Baru B dan Dusun Tahan, dengan jumlah kk lebih kurang 500 san, bermayoritas pencaharian 90% sebagai petani.


Sering kali mengalami kesulitan akan air bersih, bahkan setiap tahunnya pemerintah kabupaten dalam hal ini BPBD terus memberikan bantuan akan air tersebut, juga Langkah kami tidak lepas sebagai pemerintah desa selalu berupaya dalam usaha swadaya masyarakat.


Program pelayanan Kesehatan utamanya pelayanan pos yandu, “yang dulu dua kelompok sekarang menurut kades bertambah menjadi 3 kelompok dan berada di masing masing dusun”. Ini yang menjadi program utama kami, yakni Pelayanan Pos Yandu. Tegasnya.


Untuk program kepemudaan pemerintah desa selalu mensuport semua kegiatan pemuda, baik itu karang taruna maupun kegaitan yang berkaitan dengan pemuda di desa baru tahan.


Sambung kades tentang Badan Usaha Desa (BumDes), alhamdulillah berjalan lancar bumdes kami, selain kegiatan memberi pinjaman kepada Masyarakat berupa uang juga berupa barang.


Dari sisi bantuan BLT DD lancar juga, sampai saat ini tahun 2024 kata kades penerima manfaatnya berjumlah 23 orang.


Kami selaku pemerintah desa, terus berharap kepada masyarakat untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah desa demi kemajuan desa, karena dengan dukungan masyarakat desa baru tahan dapat menjadi desa ini lebih maju kedepannya. demikian

 

Reporter Joni Irawan

 

Berbagi

Posting Komentar