Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Subadri : Program Bangun "Pasar Desa" Untuk Pemuda Desa Tatede Kecamatan Lopok



LIPUTANNTB.NET – Potensi Desa, merupakan segala sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang terdapat di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa.


Ketika kita mendengar kata potensi desa, pasti langsung mengarah ke suatu desa seperti salah satunya Desa Tatede yang berada di Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa.


Desa Tatede yang dipimpin oleh Subadri kepala Desa terpilih 2020 lalu. Kini berfokus pada program Desa Tatede yang bersih.


Yah’ ini merupakan program unggulan kami, “Menuju Desa Tatede Yang Bersih” dengan menyediakan operator sampah sejak tahun 2020 lalu. ungkap Kepala Desa Subadri, kamis 20 mei 2024.


Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, melainkan juga sektor-sektor lain seperti ekonomi, pendidikan, sosial, peternakan, lingkungan dan lain lain yang juga ikut dikembangkan.


Pemerintah Desa terus menggalakkan program-program utamanya untuk kesejahteraan masyarakat seperti program sektor peternakan juga, ini demi masyarakat yang dipimpinnya yang berjumlah Lebih kurang 517 kk dan terdiri dari empat dusun yakni dusun Tatede dalam A, B, dusun tatede luar dan dusun sedam.


Menurut kepala Desa, Desa tatede merupakan satu dari 7 Desa yang berada di kecamatan Lopok. Warganya 90 porsen bermata pencaharian sebagai petani, sisanya berprofesi sebagai peternak, guru dan lainnya.


Seringkali mengalami sulitnya air bersih bahkan pucak dirasakan sebagian warga di beberapa dusun hingga 5 bulan mulai bulan agustus. Walau demikian kepala desa bersama warga terus berswadaya untuk mengatasi kesulitan akan air tersebut, disamping bantuan yang didapatkan dari pemerintah.


Untuk kepemudaan tahun 2024 ini, kades Subadri akan berencana melaksanakan pagelaran seni, itu yang menjadi rutinitas karang taruna desa tatede. Ia juga menambahkan bahwa kedepan kami ingin membuat program PASAR DESA, dimana saat ini lahan sudah tersedia, tinggal bagaimana anggaran untuk pembangunannya di simpang antara tatede dalam A dan lantung, ini kedepan akan menjadi kegiatan jangka menegah dan pengelolaannya nanti oleh para pemuda karang taruna desa tatede.


Semoga apa yang menjadi hajat kami mendapat dukungan pemerintah, baik kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat. Harap kades. Demikian

 

Reporter Joni Irawan

 

Berbagi

Posting Komentar