Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Kirim 29 Atlet, Indonesia Siap Cetak Sejarah di Olimpiade


LIPUTANNTB.NET -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meyakini bahwa Indonesia akan mengukir sejarah dalam pesta olahraga Olimpiade Paris 2024 mendatang.


Keyakinan itu datang setelah Indonesia dipastikan meloloskan sebanyak 29 atlet ke Olimpiade 2024. Jumlah tersebut merupakan terbanyak selama 20 tahun terakhir, setelah Merah Putih mengirim 38 atlet ke Olimpiade 2004 di Athena.


"Alhamdulillah untuk Olimpiade 2024 Paris jumlah atlet kita 29 orang. Ini bisa dikatakan terbanyak untuk 15-20 tahun kebelakang," kata Menpora Dito dalam keterangan resminya, Senin (8/7/2024).


Menpora Dito berharap, dari banyaknya atlet yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris, ada potensi Indonesia mampu melebihi capaian jumlah medali dari edisi Olimpiade sebelummya.


Sejak keikutsertaan Indonesia di ajang Olimpiade Munich 1972, perolehan medali emas kontingen Garuda di tiap edisi mentok di angka dua.


"Ditambah lagi kita banyak sekali cabang olahraga yang pertama kalinya di Olimpiade kita loloskan atletnya. Jadi, insya Allah ini nantinya hasilnya juga bisa mengukir sejarah, mohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia," kata Dito.


Menatap Olimpiade yang tinggal menghitung hari, persiapan 29 atlet kata Dito sudah mencapai 80 persen.


Sebelum terbang ke Paris, rencananya akan dilakukan seremoni pelepasan para atlet pada Rabu (10/7/2024). Para atlet akan dilepas langsung oleh Presiden  Joko Widodo di Istana Kepresidenan."Lagi diatur jadwalnya (rencana Rabu pelepasan kontingen oleh presiden)," ujar Dito.


Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengisyaratkan kalau target Indonesia dalam memperoleh medali di Olimpiade Paris 2024 akan ditetapkan berbarengan dengan pelepasan para atlet oleh Presiden RI Joko Widodo.


"Nanti kalau target itu memang harus duduk sama-sama semuanya supaya satu bahasa. Artinya setelah nanti kami pelepasan dengan Presiden, Insya Allah tanggal 10 kalau beliau berkenan nanti," kata Okto kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).


Okto menegaskan, pihaknya tidak bisa buru-buru menetapkan target medali yang akan diusung pada Olimpiade mendatang. Ia mengaku butuh masukan dan keterlibatan sejumlah pihak sebelum mengumumkan target.


Hanya saja secara pribadi Okto berharap, atlet-atletMerah Putih mampu memberikan kejutan, demi terciptanya sejarah bagi Indonesia. source: inilah.com

Berbagi

Posting Komentar