Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Potret Kondisi Fisik SDN Kanar Sumbawa Butuh Perhatian Serius

Bangunan SDN Kanar di Sumbawa, Sumbawa Besar NTB, dari pantauan langsung awak media liputanntb.net sudah rusak parah akibat belum pernah direnovasi sejak dibangun dulu. Jendela tanpa kaca hampir di semua ruangan kelas mengganggu konsentrasi belajar para murid.

LIPUTANNTB.NET -- Potret kondisi gedung sekolah dasar di Tanah Air yang sangat mengenaskan tampaknya sudah merata. Salah satunya adalah bangunan SD Negeri Kanar di Kecamatan Badas, Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Besar. Sejak dibangun dulu Gedung SDN Kanar belum pernah direnovasi. Tak heran jika kondisi fisik sekolah sudah sangat rusak. Untungnya kondisi itu tak menyurutkan semangat para murid untuk belajar meski di ruangan kelas yang tak layak dipakai.

 

Kerusakan terdapat pada hampir seluruh bangunan, dari atap, langit-langit, yang tampak di setiap ruangan kelas. Di beberapa sudut kelas, langit-langit yang terbuat dari triplek telah menggantung akibat kerusakan yang tidak kunjung diperbaiki. Bahkan beberapa di antaranya terpaksa mengunakan penyangga darurat.

 

Kondisi serupa juga terlihat di ruangan kelas III, IV, dan V, Jendela yang lubang tanpa kaca di tembok yang melebihi ukuran pintu mengganggu konsentrasi belajar para murid. Tak jarang mereka harus rela kepanasan bila sinar matahari masuk ruangan dan kelas akan penuh air saat hujan turun.

 

Kepala SDN Kanar Abdul Latief sejak memimpin dua tahun lalu disekolah ini, mengaku telah beberapa kali melaporkan kondisi sekolahnya ke Dinas terkait di Kabupaten Sumbawa. Namun sejauh ini belum ada tindakan apapun dari pemerintah setempat. Dikhawatirkan, bangunan SDN Kanar yang lama dan rapuh ini tidak akan mampu bertahan lama apabila tidak segera ditangani.

 

Berdasarkan pantauan awak media LIPUTAN NTB 10 Juli 2024, tampak atap sekolah yang menggunakan atap seng dan bahkan terlihat sudah berkarat, memang sudah selayaknya diganti, begitu juga tampak tembok depan dan tembok keliling sekolah dalam kondisi rusak parah.

 

Lebih lebih lagi, kondisi halaman SDN Kanar yang kerap mengganggu kondisi kesehatan murid, karena debu yang berterbangan disaat murid bermain dan ditiup angin juga harus menjadi perhatian serius.

 

Ditambahkan kepala SDN Kanar, animo masyarakat menyekolahkan anaknya disini sangat besar, dibuktikan dengan jumlah siswa sebanyak 283 orang, proses kegiatan belajar mengajar walaupun kekurangan ruang kelas belajar (RKB) tetap berjalan lancar, "kami butuh penambahan dua RKB" harapnya.

 

Walau kondisi seperti saat ini SDN Kanar, tidak menyurutkan semangat para guru dalam mendedikasikan hidupnya untuk memajukan pendidikan terutama di SDN Kanar ini. Begitu juga dengan anak-anak yang tetap semangat datang ke sekolah untuk belajar. Demikian

 

Reporter Joni Irawan


Galeri Foto Kondisi 10 Juli 2024















Berbagi

Posting Komentar