Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Sambutan Admin Komunitas Baca LIPUTAN NTB - JONI IRAWAN, S.Pd

 




Sambutan Admin Komunitas Baca LIPUTAN NTB - JONI IRAWAN, S.Pd


INDONESIA sebagai negara yang memiliki berbagai macam budaya, etnik maupun golongan keagamaan mampu hidup harmonis dengan semangat jaman untuk cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Selain keanekaragaman budaya, suku, etnik, maupun golongan. Adapula perbedaan yang dimiliki oleh individu dalam masyarakat kita, salah satunya perbedaan minat. Minat didefisinisikan sebagai hal yang melekat dalam diri  yang bersifat pribadi sehingga dapat mendorong seseorang untuk cenderung melakukan sesuatu, terus-menerus.

 

Salah satu minat yang populer saat ini adalah minat baca yang dimiliki oleh individu dalam masyarakat. Meskipun data dari Central Connecticut State University (2016) menegaskan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 Negara soal minat membaca.

 

Secara harfiah, membaca adalah kegiatan untuk berpikir sehingga dapat masuk dalam proses memahami mengenali kemudian menafsirkan simbol-simbol yang dapat menciptakan sebuah arti.

 

Manfaat dari membaca selain mampu meningkatkan kecerdasan dan kualitas diri seseorang juga sebagai tahap untuk memiliki pengetahuan baru, memperkaya kosakata, menganalisa sesuatu yang akan dielaborasikan dengan bahan bacaannya, dan masih banyak lagi dampak baik yang diperoleh jika sering membaca.

 

Kentungan yang didapatkan dari membaca dapat dijadikan rujukan atau motivasi diri dan masyarakat pada umumnnya guna menjadikan membaca sebagai suatu aktivitas bahkan rutinitas keseharian di sela waktu kosong.

Berbagi

Posting Komentar