Dwi Prastyo
Dwi Prastyo
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Jatuh Tanggal Berapa?


LIPUTANTB.NET -- Masyarakat muslim di Indonesia banyak mempertanyakan, 1 Muharam 1446 Hijriah jatuh pada tanggal berapa pada kalender 2024 ini. Simak jawabannya di dalam artikel ini ya!.


Perlu diketahui, Tahun Baru Islam 1446 Hijriah ditandai dengan memasuki tanggal 1 Muharam dalam kalender hijriah. Muharam merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah.


Setelah Muharam, dalam kalender Hijriah, ada bulan Safar, Rabiul Awal, Rabiul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Syaban. Kemudian, Ramadan, Syawal, Dzulkaidah, dan Dzulhijjah.


Bulan awal Muharam menjadi salah satu bulan istimewa dalam Islam. Karena, banyak amalan sunah yabg dapat dikerjakan oleh umat muslim.


Maka dari itu, penting bagi umat muslim mengetahui kapan 1 Muharam di dalam kalender Masehi.


Untuk itu, penting bagi setiap Muslim mengetahui kapan masuknya bulan Muharram ini. Nah, untuk mengetahui kapan 1 Muharram perlu mengonversi kalender Hijriah ke Masehi.


Berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag RI, 1 Muharam 1446 Hijriah bertepatan dengan hari Minggu. Tepatnya, pada 7 Juli 2024 Masehi.


Dengan demikian, tanggal 1 Muharam 1446 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Kalender Masehi dan Hijriah sama-sama terdiri dari 12 bulan.


JONI IRAWAN 

Berbagi

Posting Komentar